Waspada Dampak Kurang Tidur Jangka Panjang !

Seseorang seharusnya mendapatkan waktu tidur yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 6 sampai 7 jam dalam semalam, sedangkan anak-anak biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam. Namun, apa yang akan terjadi jika pada kenyataannya kita tidur kurang dari waktu yang seharusnya kita penuhi sesuai dengan usia dan kebutuhan ? Waspada Dampak Kurang Tidur Jangka Panjang !

Dampak Kurang Tidur Jangka Panjang

dampak negatif kurang tidur

Ketika kurang tidur saat malam hari, efek yang langsung kita rasakan adalah mudah lelah dan mungkin tertidur di jam-jam seharusnya beraktifitas. Namun yang seharusnya benar-benar anda takutkan adalah efek jangka panjang yang menanti, di antaranya :

Diabetes

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30% dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43%.

Penyakit kardiovaskular

Tidur dengan waktu yang cukup sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kesehatan jantung. Dalam sebuah riset yang diterbitkan pada tahun 2010, menunjukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Penyakit kandung kemih

Para peneliti mengungkapkan bahwa kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko masalah pada kesehatan kandung kemih.

Kanker

Penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa orang yang dengan waktu tidur kurang dari 6 jam di malam hari, berisiko menderita polip kolorektal yang dapat berlanjut menjadi kanker hingga 47%.

Selain itu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya, memiliki risiko  kanker payudara 62% lebih besar, sehingga mendapatkan waktu tidur cukup perlu diperhatikan.

Kematian

Hal yang paling menakutkan dari kurangnya jam tidur dalam selamam adalah kematian. Hal ini juga tak luput pandangan para ahli yang melakukan riset dengan hasil yang mengejutkan. Orang yang di bawah usia 45 tahun tidak memenuhi jam tidur mereka setiap malamnya memiliki risiko kematian 2 kali lipat dibandingkan orang dengan waktu tidur yang terpenuhi.

Setelah anda mengetahui bagaimana dampak negatif jangka panjang dari kuranya jam tidur, mulailah membiasakan diri untuk memenuhi jam tidur anda dari sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *