Tips Sehat Praktis Ala Orang Sunda

Sehat, menjadi salah satu tujuan dalam hidup agar bisa menjalankan beragam aktivitas ringan maupun berat dengan baik. Untuk sehat, nyatanya harus ada beberapa hal yang kita lakukan dan mungkin sedikit pengorbanan juga jika memang tips untuk sehat tersebut sangat jauh dengan gaya hidup anda sekarang ini.

Tips kesehatan tengah gencar banyak direkomendasikan oleh berbagai kalangan di internet, tepatnya media sosial yang dewasa ini lebih sering menjadi teman akrab para masyarakat. Namun setiap tips-tips kesehatan tersebut ternyata memiliki ciri khasnya masing-masing dan anda bisa memilih salah satu di antaranya yang benar-benar pas dan tepat sesuai pribadi anda.

Baca juga : Harga Produk Herbal Alami

Saat ini mungkin banyak tips sehat modern yang banyak digandrungi masyarakat, namun admin kali ini merekomendasikan tips sehat ala orang sunda. Seperti apakah kebiasaan orang sunda yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh ini ?

Tips Sehat Praktis Ala Orang Sunda

 

tips sehat ala orang sunda (FILEminimizer)

Konsumsi lalapan

Jika anda orang sunda asli, mungkin tak asing lagi dengan lalapan bukan ? Ya, lalapan atau sayuran segar yang menyehatkan ini sering dikonsumsi sebagai teman sambal. Sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral ini tentu menjadi rekomendasi tepat pula bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh sehat. Lalapan ini juga dipercaya dapat membuat awet muda. 😀

Nah, ini dia beberapa jenis sayuran yang sering dijadikan lalapan khas orang sunda dengan manfaatnya yang diberikan tubuh, yaitu :

  1. Kemangi -> Kemangi mungkin biasanya kita temukan pada beberapa olahan makanan, namun di tatar sunda, kemangi juga simanfaatkan sebagai lalapan. Ia memiliki kandungan minyal atsiri, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan sulfur. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya untuk membantu mengeluarkan gas di lambung, diare, sariawan, bau mulut, dan bahkan bau badan.
  2. Mentimun -> Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 90%, vitamin A, B1, B2, C, Kalium, Kalsium, Mangan, dan Sulfur. Mentimun ini sangat baik untuk kulit, menghilangkan racun dan asam urat di ginjal, membantu atasi hipertensi, dan membantu pengobatan cacingan pada anak.
  3. Labu siam -> Labu siam memiliki kandungan air, proten, kalium, fosfor, besi, dan lemak baik. Ia sering pula digunakan untuk mengatasi gusi berdarah dan sariawan, Selain untuk lalapan, kita juga sering melihat labu siam yang diolah dalam masakan, seperti sayur asam.
  4. Kol atau kubis -> Kol atau kubis ini mengandung Kalium, Vitamin C, dan Fosfor yang diyakini dapat membantu kesembangan cairan di dalam tubuh. Namun kita harus berhati-hati, karena kol juga dapat memicu gas dalam perut, sehingga harus dikonsumsi sesuai batasannya.
  5. Selada -> Walaupun selada ini bukan sayuran khas Indonesia, karena diduga berasal dari Asia Barat, namun rupanya orang Indonesia khususnya orang sunda gemar mengonsumsi selada sebagai lalapan. Selada diyakini membantu mengurangi risiko kanker, anemia, meringankan insomnia, sampai stroke.

Baca juga : Diet Detoks Ternyata Tidak Ada Lho !

tips sehat ala orang sunda 2 (FILEminimizer)

Konsumsi Mengkudu

Mengkudu yang dikenal sebagai salah satu buah dengan rasa pahit dan baunya yang tak enak ini, rupanya menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi di tanah sunda. Orang sunda menganggap bawa buah mengkudu ini memiliki kelezatan sendiri yang bisa diolah menjadi jus atau rujak. Selain itu, mengkudu ini memang diyakini dan telah diteliti dapat membantu menurunkan risiko diabetes, hipertensi, hingga stroke.

Yang menjadi perhatian adalah, kita harus membiasakan mencucui terlebih dahulu sayuran yang akan menjadi lalapan di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang menempel.

Bagaimana ? Mau mencoba dengan lalapan dan jus mengkudu ini ? 😀 Akan menjadi menu yang istimewa jika nasi dengan tahu tempe, sambal, beserta lalapan yang sempurna. Enak dan menyehatkan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *