Tips Merawat Luka Sunat Agar Cepat Sembuh

Ketika anda menerangkan tentang manfaat sunat untuk kesehatan kepada si kecil dengan berbagai trik yang anda gunakan, kemungkinan besar di waktu mendatang ia akan berbicara tentang kesiapannya untuk disunat.

Tips Merawat Luka Sunat Agar Cepat Sembuh

Setelah semua persiapan sunat dan kemudian sunat telah dijalankan, yang selanjutnya anda perlu perhatikan adalah tentang perawatan luka sunat yang selalu menjadi perhatian dan ketakutan anak-anak. Jika anda tak tahu bagaimana langkah yang tepat untuk menghadapi si kecil, berikut ini beberapa tips merawat luka sunat agar cepat sembuh, di antaranya :

Menjaga penis dari segala sentuhan

Kondisi penis yang masih luka atau basah, sebaiknya anda gunakan beberapa cara untuk menghindarinya dari sentuhan. Jika saat ini tersedia top khusus khitan atau alat lain yang bisa melindungi penis si kecil dengan aman, anda bisa menggunakannya.

Jangan terlalu lama diperban

Ketika baru menjalankan proses sunat, penis anak akan diperban dulu. Namun setelahnya dalam kurun waktu beberapa jam, perban tersebut bisa dilepas, dan anda pun tak usah memasangkan perban baru pada penisnya. Hal ini dilakukan agar penis mendapatkan udara lebih banyak dan membuat lukanya cepat kering.

Bersihkan area sekitar penis

Jangan luka untuk membersihkaan area di sekitar penis menggunakan kain halus dan sedikit air dengan hati-hati agar tak menyentuh penis yang sedang luka.

Bengkak pada penis itu wajar

Ketika penis si kecil membengkak, bunda tak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang wajar terjadi akibat suntikan yang diberikan dokter saat proses khitan. Dokter pun bisanya akan memberikan obat untuk dikonsumsi anak dengan teratur untuk mempercepat penyembuhan.

Jangan membuat anak terlalu banyak bergerak

Usahakan untuk membuat si kecil tak banyak bergerak demi menghinsari bengkak yang berlebihan atau bengkak yang lama sembuh. Jika anak terpaksa untuk bergerak seperti buang air kecil, sebaiknya tuntun ia untuk bergerak perlahan dan lebih hati-hati.

Pola makan yang teratur

Pada dasarnya, tidak ada makanan yang dipantang untuk anak yang barus sunat. Akan tetapi, bunda harus memerhatikan pola makannya agar lebih teratur dengan asupan makanan yang mengandung protein.

Tidak berlebihan

Sebagai orang tua, anda tak perlu panik atau melakukan hal yang berlebihan selama masa perawatan luka sunat, seperti memberikan dosis obat yang berlebihan pada si kecil. Obat yang dokter berikan pun biasanya akan cukup untuk membantu kesembuhan si kecil.

Semoga tips merawat luka sunat dengan baik dan aman di atas dapat memberikan manfaat yang baik pula untuk para pembaca, khususnya bagi yang benar-benar membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *