Tips Mengusir Nyamuk Pembawa Zika Secara Alami

Saat ini tengah gencar berita mengenai infeksi virus zika yang dikatakan bisa menyebabkan cacat otak bayi jika menyerang ibu hamil. Bahkan saat ini virus zika tersebut telah masuk ke Singapura, negara tetangga Indonesia, yang sudah tentu membuat masyarakat negeri ini tambah khawatir kalau-kalau virus tersebut bisa masuk ke Indonesia mengingat jarak Singapura yang begitu dekat.

tips mengusir nyamuk pembawa zika zecara alami

Mungkin sebagian besar dari anda telah mengetahui secara jelas bahwa nyamuk yang sama dengan pembawa DBD, Aedes aegypti, yang juga membawa virus zika ini. Seperti yang biasa kita lakukan pada nyamuk lainnya, untuk nyamuk jenis inipun kita bisa melakukan cara pengusiran yang sama seperti menggunakan obat nyamuk dan lotion. Namun, untuk cara yang lebih aman, para pakar merekomendasikan beberapa cara alami pengusir nyamuk yang bisa anda coba, di antaranya :

Menggunakan bawang putih

Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk mengusir nyamuk pembawa zika tersebut. Karena kandungan sulfur yang dalam bawang putih yang disukai oleh nyamuk. Selain itu, andapun bisa menciptakan semprotan bawang putih seperti hair spray atau pewangi ruangan yang banyak digunakan. Caranya dengan merebus bawang putih beberapa siung bersama 2 gelas air. Kemudian, saring dan simpan cairan tersebut dalam botol semprot yang telah disiapkan. Anda pun bisa menggunakan bahan ini di dalam ruangan maupun di tempat-tempat yang kemungkinan sering dihinggapi nyamuk.

Membuat obat nyamuk sendiri

Caranya, campurkan minyak esesiak lemon eucalyptus 25 tetes bersama minyak kedelai dan hazel, masing-masing 60 ml. Semprotkan obat nyamuk alami ini ke seluruh tubuh agar terhindar dari serangan nyamuk.

Menyimpan tanaman anti nyamuk

Selama ini ada beberapa jenis tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk, seperti lavender, mint, kemangi, geranium, serai, dan lain sebagainya. Akan tetapi, salah satu ahli kesehatan merekoemndasikan tanaman yang lebih efektif dalam mengusir nyamuk karena baunya yang kuat dan tak disukai nyamuk, yaitu Zodia(Evadia suaveolens). Selain menanam tanaman yang diperlukan, anda juga harus menghindari tanaman yang bisa menyisakan genangan air walau hanya 1-2 cc sekalipun.

Menggunakan tanaman herbal

Salah satu tanaman herbal yang tepat untuk mengusir nyamuk adalah rosemary. Anda bisa mengambil 5-7 tangkai rosemary, kemudian panggang dalam oven. Tunggu sampai aromanya sampai tercium ke seisi rumah.

Menggunakan cengkeh

Sama halnya dengan bahan-bahan lain, cengkeh tidak disukai nyamuk, sehingga tepat menjadi solusi pengusir nyamuk alami.

Menggunakan kopi

Nyamuk ternyata tidak menyukai aroma kopi, sehingga anda bisa menggunakan kopi sebagai metode pengusir nyamuk secara alami. Caranya, taburi bubuk kopi di sekitar rumah atau di dalam pot tanaman. Perangkap nyamuk ini bisa menghasilkan karbondioksida yang bisa menarik perhatian nyamuk.

Membuat perangkap nyamuk

Caranya, mengiris botol soda 2 liter menjadi 2 bagian. Lepaskan tutup botol, balikkan bagian atas botol untuk disatukan dengan bagian bawah botolnya (bagian leher mirip corong). Pakai lakban untuk mengamankan corong tersebut.

Untuk larutannya, anda gunakan 2 sdm gula merah bersama secangkir air panas, aduk sampai gula merah larut. Setelah dingin, baru tuangankan larutan tersebut ke dalam corong, lalu tambahkan ragi.

Nah, itulah beberapa tips mengusir nyamuk pembawa zika secara alami yang juga bisa anda gunakan untuk mengusir jenis nyamuk lainnya. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *