Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

Harga Produk Herbal Alami | Wajibnya menjalankan ibadah puasa, tak luput dari banyak godaan dan gangguan atau rada tidak nyaman. Selain lapar dan haus yang melanda, puasa juga bisa menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, mulut mengalami kekeringan akibat kurangnya produksi cairan ludah atau saliva. Kurangnya saliva ini membuat bakteri dalam mulut berkembang lebih cepat dan menyebabkan bau mulut.

Bau mulut yang membuat tak nyaman ini, bisa anda siasati dengan 5 cara berikut ini !

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

 
cara mengatasi bau mulut saat puasa

Konsumsi 8 gelas air sehari

Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan konsumsi 8 gelas air sehari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh. Konsumsi 8 gelas air ini berpola pada 2+4+2, yaitu 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas di malam hari sampai menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur. Konsumsi air 8 gelas juga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga tak mudah haus saat berpuasa di keesokan harinya selain mencegah munculnya bau mulut. Sebaiknya konsumsi air putih, bukan air lain.

Menggosok gigi

Ketika biasanya anda menggosok gigi di pagi dan malam hari, tentu kondisi ini akan berbeda sat puasa. Agar mulut tetap sehat, segar dan tak bau, sebaiknya anda menggosok gigi setelah buka puasa, sebelum tidur, dan setelah sahur. Anda juga bisa menggunakan mouthwash atau obat kumur dalam 2 kali seminggu, jangan terlalu sering karena bisa membuat mulut lebih kering.

Konsumsi buah dan sayur

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah bau mulut yang tak sedap, sebaiknya biasakan untuk konsumsi buah dan sayur saat buka puasa dan sahur. Buah dan sayur ini bisa meningkatkan produksi air liur dan mengurangi bau mulut yang biasa menyerang. Banyak yang merekomendasikan apel dan stoberi sebagai buah yang tepat dikonsumsi.

Baca juga : Pilihan Olahraga Tepat dan Sehat Ketika Berpuasa

Hindari merokok

Saat tak puasa pun, merokok dapat memicu masalah bau mulut, apalagi ketika tengah berpuasa seperti ini. Oleh karena itu, sebaiknya hindari merokok saat buka maupuan sahur. Alkohol juga patut untuk dihindari.

Hindari makanan yang menyengat

Makanan yang menyengat biasanya akan memicu munculnya bau mulut sesaat setelah kita mengonsumsinya. Bawang merah atau bawang putih yang tergolong dalam rempah atau makanan menyengar ini harus dihindari. Namun, ketika anda sulit menghindari makanan ini, sebaiknya langsung menggosok gigi setelah mengonsumsinya, atau bisa juga dengan mengunyah beras. Cara ini dikatakan sangat ampuh mengusir bau mulut secara alami.

Bagi yang ingin memiliki napas segar dan sehat tanpa bau mulut, silahkan coba ikuti 5 tips mengatasi bau mulut saat puasa dengan mudah di atas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *