Tips Mencegah dan Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Jika anda termasuk orang yang memiliki risiko tinggi diabetes, selain dengan cara mengontrol gula darah, anda juga perlu melakukan beberapa hal agar risiko yang anda miliki tak benar-benar berlanjut pada penyakit diabetes yang sebenarnya. Berikut ini Tips Mencegah dan Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes secara alami dan tepat, antara lain :

Tips Mencegah dan Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Berjalan kaki

Studi menunjukan bahwa dengan rutin berjalan kaki sekitar 35 menit sehari, bisa menurunkan dan terhindar dari risiko diabetes sampai 80%. Hal ini dikarenakan, jalan kaki bisa membantu tubuh dalam memanfaatkan hormon insulin lebih baik melalui peningkatan jumlah reseptor insulin pada sel-sel tubuh.

Turunkan berat badan

Obesitas atau berat badan berlebih menjadi salah satu risiko tinggi diabetes. Sehingga dengan cara menurunkan berat badan secara benar, menjadi salah satu cara yang baik untuk menghindari risiko penyakit tersebut.

Mengganti hidangan pembuka

Salad menjadi hidangan pembuka yang direkomendasikan pada anda dengan risiko diabetes. Akan lebih baik jika anda juga mengonsumsi cuka sebelum menyantap hidangan utama seperti yang direkomendasikan oleh para ahli di Arizona State University. Karena, asam asetat dalam cuka mampu menonaktifkan enzim pati yang bisa memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh.

Konsumsi sereal yang tepat

Sereal menjadi menus sarapan sehat bagi anda yang berisiko diabetes, darah tinggi, jantung, sampai stroke. Namun, anda harus lebih teliti apa bahan utama sereal tersebut. Dan pastikan untuk memilih sereal yang memiliki kandungan serat tinggi, paling tidak 5 gram dalam sekali konsumsi.

Perbanyak konsumsi sayur dan rempah

Konsumsi sayuran dianjurkan untuk menurunkan risiko diabetes karena serat dalam sayuran yang dikenal mampu membantu berbagai jenis masalah kesehatan. Salah satu jenis rempah yang direkomendasikan adalah kayu manis. Karena, salah satu zat dalam kayu manis mampu mengaktifkan enzim yang merangsang reseptor insulin dan membuat kolesterol juga trigliserida dalam menurun. Sehingga, risiko diabetes pun ikut menurun.

Minum kopi

Para peneliti di Harvard School of Public Health menunjukan bukti bahwa kafein dalam kopi mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Kopi juga memiliki kandungan Kalium, Magnesium, serta antioksidan yang dapat membantu penyerapan gula darah. Namun, cukup konsumsi kopi 2 cangkir sehari (maksimal).

Hindari makanan cepat saji

Menurut penelitian, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat membuat tubuh mengalami kenaikan bobot yang mengembangkan 2 kali tingkat resistensi insulin, pemicu diabetes tipe 2.

Hindari stres dan tidur dengan cukup

Stress ternyata bisa membuat sel-sel tubuh taha insulin dan membuat gula darah menumpuk. Sedangkan jika anda tak cukup tidur, maka hormon tubuh akan memicu kenaikan gula darah. Kedua hal ini saling berdekatan. Sehingga anda perlu mengontrol stress terlebih dahulu, setelah itu, tidur akan lelap dan berkualitas.

Cek gula darah

Tak sedikit penderita diabetes yang menderita penyakit tersebut tanpa disertai gejala, sehingga anda perlu rutin memeriksa kadar gula darah dalam tubuh untuk memastikan bahwa tubuh anda saat ini sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan guna mencegah dan menurunkan risiko diabetes. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *