Tips Memilih Obat yang Beredar di Pasaran

Memilih obat yang dijual bebas di pasaran memang tergantung kebiasaan dan kecocokan berdasarkan pengalaman yang pernah kita alami sebelumnya. Namun, sebelum memilih obat, kita harus memerhatikan beberapa hal.

Tips Memilih Obat yang Beredar di Pasaran

tips memilih obat

Lihat labelnya

Kita harus memerhatikan beberapa bagian pada label, diantaranya :

  1. Nama produk
  2. Bahan aktif
  3. Golongan, kategori produk seperti obat batuk, anti-histamine (anti alergi), antipiretik (penurun panas), antitusif (anti batuk), ekspektoran (membantu pengeluran dahak), dll.
  4. Kegunaan
  5. Peringatan, perhatikan kapan boleh diminum, atau kapan harus dihentikan, kapan harus ke dokter, efek samping sampingnya.
  6. Aturan pemakaian atau dosis
  7. Bahan tambahan , bahan yang ditambahkan sebagai pengikat, pewarna, penambah rasa, atau aroma, dan perhatikan expired date atau tanggal kadaluarsa.

Bahan Aktif

Pilihlah hanya zat yang Anda butuhkan. Hindari obat yang mengandung banyak campuran bahan aktif, apabila anda tidak mengalami semua gejala yang perlu diatasi dengan obat tersebut. Hati-hatilah dengan istilah, “flu”, yang sebenarnya menggambarkan kumpulan gejala. Penyakitnya sendiri bisa selesma (common cold) atau influenza. Keduanya disebabkan oleh virus, tetapi dari jenis yang berbeda. tidak ada obat yang bisa membunuh virusnya. Yang ada hanya obat yang meringankan gejalanya. Penyakitnya akan sembuh sendiri setelah 3 – 5 hari oleh kekebalan tubuhnya penderita. Yang dapat dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dengan memakan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, minum vitamin, dan bisa dicoba herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti Echinacea.

Interaksi obat

konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter karena ada interaksi obat yang berbahaya. Misalkan, jika Anda menderita PJK (penyakit jantung koroner) dan sedang dalam pengobatan untuk antipembekuan darah, dan Anda minum aspirin karena sakit kepala, dapat terjadi perdarahan spontan. Karena aspirin juga berfungsi untuk pengenceran darah, sehingga efeknya menjadi bertumpuk/dobel.

Oleh karena itulah, anda harus cermat dalam memilih dan memanfaatkan obat sesuai dengan kebutuhan. Namun kami rekomendasikan pada anda bahwa pengobatan dengan produk herbal alami lebih efektif dan aman untuk membantu kesembuhan anda, walaupun kinerjanya bersifat terapi, namun hasil kesembuhannya secara menyeluruh. Untuk informasi selengkapnya., silahkan ke halaman Jelly Gamat Gold-G Produk Herbal Alami.

Terimakasih telah mengunjungi kami , semoga Tips Memilih Obat yang Beredar di Pasaran ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi terbaik untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *