Tips Makan Sehat Ketika Hidup Sendirian

hargaalami.com | Orang-orang yang hidup sendirian cenderung membeli makanan yang sederhana untuk memasak dan makan makanan praktis, salah satunya fast food.  Karena untuk membeli bahan-bahan untuk satu orang rasanya suatu pemborosan dan memakan waktu terlalu lama bahkan sia-sia.

Menurut data dari Statistik Korea awal bulan ini, rumah tangga orang satu saat ini account untuk 27,1 persen dari total. Ini berarti sekitar 30 persen dari orang-orang di Korea makan sendirian.

“Orang-orang yang makan sendirian atau hidup sendirian tidak mempertimbangkan gizi seimbang dan cenderung makan begitu cepat bahwa tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang benar,” kata Kim Jin-ri, dokter keluarga. “Ini mungkin menyebabkan kekurangan gizi dan kesehatan yang memburuk.”

Tips makan sehat ketika hidup sendirian

 

tips makan sehat ketika hidup sendirian

Membiarkan cukup waktu untuk makan

Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan makan. Ketika perut penuh, otak mengirimkan sinyal untuk berhenti makan. Tapi makan terlalu cepat tidak membiarkan cukup waktu untuk mengirimkan sinyal, sering mengakibatkan makan berlebihan.

Ini pada gilirannya dapat memberikan tekanan pada organ pencernaan dan menyebabkan reflux esofagitis.

Lebih baik untuk memiliki banyak waktu untuk menikmati makan perlahan-lahan. Menahan diri dari menonton TV atau bermain dengan smartphone juga karena dapat menyebabkan satu untuk makan cepat secara tidak sadar.

Baca juga : Tips Sehat di Tahun Baru Dengan Mudah dan Sederhana

Memastikan Diet seimbang

Hal penting untuk pastikan untuk mengambil nutrisi seimbang termasuk penting karbohidrat dan protein bahkan ketika makan sendirian. Sangat bergantung pada makanan siap pakai atau cepat dapat menyebabkan malnutrisi.

Jika sulit untuk mendapatkan bahan-bahan segar dan bergizi dan memasak dari awal, mencoba untuk memilih makanan yang baru dimasak daripada makanan instan atau kalengan.

“Jangan lupa untuk makan buah-buahan musiman yang sehat sebagai makanan ringan untuk suplemen nutrisi,” ungkap Dr Kim.

Jadi, tak hanya anda yang sudah berkeluarga atau yang masih tinggal dengan keluarganya saja yang harus selalu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Anda yang hidup sendiri juga harus tetap memerhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *