Tips Cerdas Memilih Obat Warung untuk Dikonsumsi

Obat-obatan yang dijual bebas di warung atau toko-toko terdekat selalu memiliki kesan dapat menimbulkan efek samping bagi penderita penyakit A, penyakit B, dan seterusnya. Namun, rupanya efek samping yang tertera dalam kemasan tak akan benar-benar dialami, jika kita bisa lebih bijak dan cerdas dalam memilih konsumsi obat-obatan tersebut.

Jika anda bingung apa yang harus anda lakukan dan bagaimana trik yang tepat serta cerdas dalam memilih obat warung ini ? kami disini akan memberikan sedikit ulasan seperti yang juga telah dilansir spesialis.info mengenai tips cerdas memilih obat warung.

Tips Cerdas Memilih Obat Warung untuk Dikonsumsi

 

tips memilih obat warung untuk dikonsumsi
Yang pertama kali dilakukan adalah memastikan kondisi seperti apa yang sedang anda alami. Contohnya saja ketika anda mengalami batuk. Harus jelas, batuk seperti apa yang tengah menyerang anda. Batuk kering ataukah batuk berdahak.

Selanjutnya, anda harua mengetahui komposisi dalam obat yang akan dikonsumsi. Pastikan jika anda tidak akan mengalami alergi atau semacamnya jika mengonsumsi obat tersebut. Perhatikan juga jika anda mengonsumsi 2 jenis obat, apakah ada 2 kandungan yang sama atau tidak. Dengan mengonsumsi 2 jenis obat yang di dalamnya 1 zat yang sama, itu tandanya dosis ganda tengah masuk ke dalam tubuh dan kemungkinan bisa memberikan efek samping.

Seperti contohnya saja, jika di dalam obat flu mengandung paracetamol untuk menurunkan demam serta anthistamin dalam meredakan bersin. Sedangkan di dalam obat batuk juga memiliki kandungan yang hampir sama, salah satunya mengandung paracetamol, tentunya kedua jenis obat ini tidak bisa dikonsumsi seenaknya karena akan memberikan dosis berlebih.

Baca juga : Manfaat Penggunaan Minyak Kelapa Saat Hamil

Komposisi dalam obat warung harus anda ketahui dan perhatikan dengan lebih teliti, misalnya saja ketika anda mengalami gangguan perut, sebaiknya pilihlah paracetamol atau acetaminophen. Jangan memilih obat yang memiliki komposisi asam mefenamat, asetosal, dan ibuprofen. Dan hal yang sangat dipantang adalah jangan sampai minum obat saat perut kosong atau belum mendapatkan asupan makanan, karena akan memberikan efek yang buruk pada tubuh, kecuali obat untuk maag dan asam lambung (sebelum makan). Obat juga jangan diminum selain dengan air putih.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah ketika anda telah diberikan resep dokter, namun tetap mengonsumsi obat warung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu apakan obat A akan aman jika dikonsumsi bersamaan dengan obat dokter, karena biasanya obat warung dan obat dari dokter bisa menimbulkan reaksi. Jadi sebaiknya hindari tindakan tersebut. Dan sangat dianjurkan untuk lebih memilih konsultasikan dulu masalah kesehatan yang sedang alami ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat kesembuhan, karena dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan masalah kesehatan yang sedang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *