Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mata adalah sepasang indera penglihatan yang diberikan Sang Pencipta kepada makhluknya agar mereka bisa menikmati keindahan dunia. Untuk membuat mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik, kita harus melakukan beberapa langkah yang bisa membuat mata tetap pada kinerjanya. Berikut ini adalah beberapa Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, di antaranya :

Memperhatikan jarak nonton dan baca

Untuk menjaga kesehatan mata agar tak mudah rusak, pastikan untuk memerhatikan jarak saat menonton TV atau juga membaca buku. Jarak ideal menonton TV 14 inchi adalah 2 meter, sedangkan untuk membaca idealnya berjarak 30 cm dari mata ke objek yang dilihat. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata, seperti rabun dekat.

Jangan membaca sambil tiduran

Jangan sampai membaca sambil tiduran, apalagi dalam kondisi pencahayaan yang kurang (redup). Hal ini dapat mengganggu kesehatan mata anda.

Jangan mengucek mata

Usahakan untuk tidak mengucek mata, apalagi saat tangan dalam keadaan kotor yang justru akan menimbulkan iritasi pada mata.

Hindari debu atau polusi

Saat anda melakukan kegiatan di luar ruangan, pastikan untuk memakai pelindung mata. Contohnya saja ketika anda sedang menggunakan motor, jangan sampai untuk melupakan pemakaian helm.

Hindari paparan sinar UV secara langsung

Penggunaan kaca mata hitam di siang hari, bukan untuk gaya semata. Namun untuk menghindari paparan sinar UV secara langsung yang bisa mempercepat kerusakan mata.

Baca juga : Tips Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Jangan terlalu lama menggunakan komputer

Sebaiknya, anda jangan terlalu lama dalam menggunakan komputer, karena memiliki tingkat radiasi yang cukup tinggi. Namun, jika pekerjaan yang menuntut anda harus berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Istirahatkan mata 20 menit sekali dengan melihat pemandangan sekitar 20 meter dari lokasi anda duduk. Atau paling tidak, usahakan untuk berjalan sebentar tiap 30 menit sekali.

Mengonsumsi Vitamin A

Untuk menjaga mata agar tetap sehat, anda harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, tomat, atau pepaya.

Mengonsumsi sayuran hijau tua

Sayuran berwarna hijau tua memiliki kandungan karotenoid yang dapat menurunkan risiko katarat dan penurunan daya penglihatan karena gangguan pada pusat retina.

Mengonsumsi antioksidan

Anda juga perlu mendapatkan asupan antioksidan tinggi melalui jeruk, berri atau ceri yang dapat menurunkan risiko pengerasan lensa pemicu katarak.

Mengonsumsi omega-3

Menurut penelitian, konsumsi ikan salmon atau ikan tuna yang memiliki kandungan omega-3 dalam 2-3 porsi seminggu, dapat melindungi saluran air mata, mencegah mata kering, melindungi lensa, dan mencegah katarak.

Dengan cara alami seperti ini, kesehatan mata akan tetap terjaga secara alami pula tanpa adanya perubahan yang dapat menggangu sistem lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *