Tips Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara menjadi penyakit yang paling menakutkan selain kanker serviks yang menyerang para wanita. Tidak sedikit wanita yang mengalami komplikasi atau gangguan yang lebih parah pasca terkena kanker jenis kanker tersebut. Bahkan jika wanita memiliki kanker payudara, payudaranya diangkat dan ia tak akan bisa menyusui lagi. Tidak hanya disitu, beberapa di antara para penderitanya meregang nyawa.

tips cara mencegah kanker payudara sejak dini

Untuk menghindari penyakit kanker payudara sejak dini, dibutuhkan beberapa cara yang benar-benar bisa membantu anda. Berikut ini Tips Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, di antaranya :

Hindari merokok

Walaupun penelitian mengenai rokok yang dapat memengaruhi kanker payudara masih minim, namun penelitian mengenai risiko kanker dengan merokok telah jelas disebutkan. Kandungan zat kimia dalam rokok dapat memicu tumbuhnya kanker, serta peneliti juga menemukan ASI pada perokok terkontaminasi. Kemungkinan besar, inilah sebab mengapa anda dilarang merokok.

Menghindari konsumsi alkohol

Alkohol dikatakan dapat meningkatkan hormon estrogen yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara, bahkan sampai 70%. Sehingga, menghindari konsumsi alkohol ini sangat penting untuk anda yang ingin terhindar dari kanker payudara.

Olahraga yang teratur

Olaharaga yang teratur dapat memberikan manfaat barupa menurunkan sirkulasi estrogen dalam tubuh, mengeluarkan racun dari tubuh, serta mangaktifkan fungsi saraf dan otot guna mencegah terjadinya kanker payudara. Dengan berolahraga secara teratur, sistem metabolisme tubuh akan berjalan lancar, dan kanker payudara terhindari.

Mengatur berat badan

Obesitas atau berat badan lebih dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker payudara. Wanita yang memiliki berat badan sekitar 80 kg, memiliki 25% risiko kanker payudara dibandingkan yang memiliki berat badan 60 kg, menurut sebuah situs kesehatan ternama. Namun demikian, ternyata obesitas pasca menopause lah yang lebih berisiko.

Baca juga : Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Sayuran

Hindari radiasi

Radiasi yang paling berisiko adalah ketika masa pubertas dimana payudara saat itu mulai terbentuk. Radiasi sinar X yang dilakukan di daerah dada pada usia di bawah 20 tahun juga meningkatkan risiko kanker payudara.

Hindari konsumsi pil KB

Beberapa pil KB mengandung estrogen yang cukup tinggi, sehingga memicu terjadinya kanker payudara. Risiko ini akan hilangĀ  sesuai dengan berhentinya penggunaan pil KB tersebut.

Melahirkan di bawah 30 tahun

Penelitian mengungkapkan bahwa kehamilan dan melahikan di usia bawah 30 tahun, memberikan dampak positif untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Menyusui sang buah hati

Beberapa studi mengungkapkan, bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko kecil menderita kanker payudara. Hal ini berkaitan dengan aktivitas menyusui dengan kadar estrogen yang stabil, sehingga bisa memperkecil risiko kanker payudara.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan guna menghindari terjadinya kanker payudara sejak dini, Semoga bermanfaat.

 

Harga Produk Herbal Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *