Tips Agar Bisa Lari Cepat Tanpa Lelah dan Cedera

Olahraga sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga ketahanannya dari berbagai serangan penyakit. Salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan karena kemudahannya adalah lari. Mudah disini bukan berarti tak akan membuat lelah, namun lari ini membutuhkan hal-hal yang bisa dengan mudah didapatkan dan kita pun tak memerlukan tempat atau lapangan tertentu, karena olahraga ini bisa dilakukan dimana saja.

tips agar bisa lari cepat tanpa lelah dan cedera

Jika anda termasuk orang yang masih lambat dari berlari, atau mungkin ingin menambahkan kecepatan lari, anda bisa memerhatikan Tips Agar Bisa Lari Cepat Tanpa Lelah dan Cedera seperti yang dilansir merdeka.com, di antaranya :

Mulai secara perlahan

Mulailah lari secara perlahan, jangan terlalu cepat, karena hal itu hanya akan membuat anda kehabisan tenaga dan cepat lelah. Anda juga butuh konsentrasi dengan kekuatan yang dimiliki saat ini, serta baglilah kecepatan dengan sebaik mungkin. Apalagi ketika anda dihadapkan dengan maraton, yang harus lebih cerdik menempatkan strategi.

Perhatikan postur tubuh

Postur tubuh yang benar ternyata bisa memberikan pengaruh pada kecepatan anda saat berlari. Dengan menegakkan tubuh, ayunkan tangan, pijakkan kaki yang lembut, akan membuat lari anda lebih cepat dan terhindar dari cedera.

Mengatur napas

Mengatur napas saat lari tak bisa dianggap remeh. Dengan pengaturan napas yang baik, anda bisa berlari dengan cepat dan memungkinkan tubuh untuk membakar kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Mengombinasikan gerakan lari yang lain

Hanya menggunakan satu gerakan saat lari ternyata bisa membuat anda cepat lelah. Sebaiknya, anda bisa mengombinasikan gerakan saat lari. Misalnya saja, ketika awal lari anda menggunakan lari maraton, sedangkan di akhir berlari sprint.

Minum air

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi saat lari, penting untuk dilakukan. Anda harus ingat, air putih atau air mineral yang harus anda konsumsi, bukan minum minuman energi yang justru akan menyebabkan lonjakan gula dalam tubuh dan membuat anda kesulitan berlari.

Nah, itulah beberapa tips berlari yang bisa anda terapkan mulai sekarang. Berlari dengan cara yang benar dan baik, tentu akan memberikan manfaat yang baik pula untuk kesehatan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *