Tanda dan Gejala yang Dirasakan Pecandu Narkoba

Penangkapan Aa Gatot beserta istri, dan juga penyanyi tanah air Reza Artamevia memiliki hikmah tersendiri bagi masyarakat umum, terutama generasi muda untuk menjauhi barang haram tersebut. Bukan hanya akan ditindak secara hukum, terlalu sering berinteraksi dengan Narkoba atau psikotropika kelas berat ini bisa menyebabkan munculnya kecanduan.

tanda dan gejala yang dirasakan pecandu narkoba (FILEminimizer)

Selain dapat diketahui melalui tes urin, anda bisa mengenali tanda dan gejala yang dirasakan pecandu narkoba juga, yang di antaranya :

1. Malas

Para pengguna narkoda akan mengalami rasa malas yang sangat buruk. Bisa dikatakan jika mereka masalah dalam segala hal. Seperti malas mandi, malas makan, malas sekolah atau bekerja, bahkan sampai malas untuk berbicara dengan orang lain.

2. Merasa lebih bebas

Orang yang menjadi pemakai sampai pencandu narkoba, akan mengalami perasaan yang lebih bebas tanpa aturan yang bisa memegang kendali mereka. Merekas akan merasa bebas melakukan segala hal sesuai keinginan mereka.

3. Mengeluhkan sakit

Para pecandu narkoba sering mengerluhkan berbagai rasa sakit yang dirasakan, seperti sakit kepala dan batuk pilek yang tak kunjung sembuh.

4. Bersikap kasar

Emosi para pecandu narkoba cenderung tidak bisa dikendalikan. Mereka kerap bersikap kasar, mudah marah, berbohong, mencuri, dan memiliki perilaku buruk terhadap masyarakat bahkan keluarganya sendiri.

5. Menutup Diri

Para pecandu narkoba biasanya lebih memilih menyendiri atau menutup diri dari keramaian. Ia biasanya tak bisa mengizinkan orang lain masuk ke dalam kamarnya, karena ia sendiri lebih suka berdiam diri di dalam kamar dengan menyediakan minyak wangi ruangan, jarum suntik, kertas timah, serta lilin maupun obat-obatan yang digunakan.

Efek yang bisa diterima oleh pada pecandu ketika mereka tidak mendapatkan obat yang selalu digunakan selama ini adalah sakaw. Mereka yang sakau akan mengalami tanda dan ciri-ciri berikut ini :

  • Pupil mata yang membesar
  • Mata sedikit merah dengan air mata yang berlebihan
  • Lendir hidung berlebihan seperti orang pilek
  • Menggigil
  • Menguap berlebihan
  • Linu pada persendian
  • Jantung berdebar
  • Feces encer atau diare

Dampak yang buruk bagi seorang pemakai atau pecandu narkoba, harus bisa menjadi pedoman dan pembelajaran berharga bagi kita semua untuk menjauhi psikotropika kelas berat ini. Bukan hanya masalah kesehatan dan sosial saja yang bisa kamu dapatkan, kematian dini akibat overdosis pun menghantuimu sejak terjun ke lambah hitam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *