Tanda dan Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti masyarakat. Hal ini mengingat proses penyebaran sel kanker yang berlangsung cepat dibandingkan penyakit lain. Bukan hanya itu, kurangnya pengetahuan dan kesiapan dari pasiennya yang membuatnya harus berujung pada kematian. Padahal, jika diusahakan lebih dini, kanker bisa lenyap dan pasien sembuh total.

tanda atau gejala kanker yang sering diabaikan
Yang terpenting adalah, jangan sampai mengabaikan kondisi yang tak biasa pada tubuh, karena itu bisa menjadi pertanda suatu gejala seseorang menderita kanker. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tanda atu gejala kanker yang sering diabaikan, di antaranya :

Mulas

Jika anda merasakan mulas, anda tentu akan berpikir bahwa anda ingin buang air besar atau anda makan makanan yang salah. Akan tetapi, jika mulas yang anda rasakan berlangsung lebih lama dan juga terasa sakit di bagian dada agak bawah setelah makan, kemungkinan besar anda menderita kanker esofagus. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan pada dokter jika kondisi ini terus-menerus terjadi.

Sakit perut

Anda yang mengalami sakit perut tak berkesudahan bisa menjadi pertanda adanya kanker hati atau kanker colorecteral (kanker dari sel-sel usus besar).

Gangguan usus

Diare, sembelit, atau perubahan yang tak jelas pada organ pencernaan, bisa menjadi pertanda adanya kanker. Sehingga, anda harus waspada dan segera periksakan diri jika kondisi aneh mulai terjadi.

Berat badan turun secara tiba-tiba

Ketika berat badan anda turun secara tiba-tiba tanpa adanya diet yang dijalankan, anda perlu waspada, karena bisa jadi itu merupakan tanda kanker usus besar atau kanker pencernaan lainnya.

Perubahan puting susu

Banyak para wanita yang tidak menyadari salah satu gejala kanker payudara yang satu ini, yaitu puting susu yang terlihat agak rata atau masuk, dan menghadap ke bagian samping.

Nyeri payudara

Selain bentuk yang berubah, payudara bisa terlihat berwarna merah atau keungunan dengan rasa nyeri dan panas. Ini juga menjadi salah satu tanda munculnya kanker payudara.

Sakit saat menstruasi

Kondisi ini memang dikatakan sebagai hal umum yang normal, namun jika kondisi nya sangat berat, jangan anda abaikan, karena ini bisa menjadi salah satu tanda atau gejala endometrium maupun kanker uterus.

Sulit bernapas

Sulit bernapas bukan hanya sebagai pertanda asma, melainkan juga bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius, yaitu kanker paru-paru dan kanker tiroid.

Sulit kencing

Bukan hanya masalah infeksi saluran kemih saja yang ditandai dengan adanya kesulitan kencing, kanker prostat pun memiliki gejala yang sama. Para pria yang mengalami gejala kesulitan saat membuang urin, sebaiknya segera periksakan diri kepada dokter.

Buah zakar bengkak

Buah zakar yang membengkak disertai adanya benjolan menjadi salah satu gejala masalah kanker buah zakar yang dialami pada beberapa pria.

Masalah ereksi

Kanker prostat yang dialami beberapa pria memiliki tanda pada masalah seksual berupa gangguan ereksi.

Demam

Suhu tubuh yang terus-menerus naik, bisa menjadi pertanda penyakit leukimia atau kanker darah. Hal ini dikarenakan tulang mengalami penyempitan untuk produksi sel-sel darah putih abnormal, serta mengurangi kemampuan tubuh melawan infeksi.

Masalah pada kuku

Kuku yang memiliki garis hitam atau berwarna kecoklatan menjadi pertanda adanya masalah kanker kulit. Sedangkan kuku yang ujungnya melengkung, bisa menjadi pertanda kanker paru-paru. Dan ketika kuku pucat, hal ini bisa menjadi tanda bahwa hati anda tak berfungsi dengan baik.

Gangguan kesehatan yang anda alami di atas mungkin terlihat ringan dan dikatakan tak akan memberikan dampak yang buruk pada tubuh, namun faktanya justru kondisi inilah yang akan memberikan pengaruh negatif cukup besar pada tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *