Posisi Tidur yang Menyebabkan Gangguan pada Tubuh

Tidur nyenyak dan berkualitas bisa dipengaruhi pula posisi tidur. Posisi yang tidak benar justru akan membuat tubuh merasakan sakit ketika bangun nantinya atau mungkin anda akan bangun di tengah malam karena posisi yang tidak menguntungkan tersebut.

Posisi Tidur yang Menyebabkan Gangguan pada Tubuh

 

posisi tidur yang menyebabkan gangguan pada tubuh

Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap bisa menimbulkan gangguan pernapasan akibat leher serta hidung yang tertekan. Di samping itu, kaki dan lengan pun akan merasakan kesemutan. Jika anda terpaksa tidur dengan posisi ini, sebaiknya tempatkan bantal di bawah perut guna mengurangi tekanan.

Posisi seperti janin

Tidur dengan posisi seperti ini memang banyak diminati. Namun, dikatakan bisa menyebabkan masalah di leher dan punggung bahkan pernapasan.

Tidur miring

Tidur dengan posisi miring mungkin akan memberikan manfaat bagi anda yang sering mengalami sleep apnea atau mendengkur. Namun, jika terlalu sering tidur dengan posisi seperti ini bisa menyebabkan munculnya kerutan di wajag serta payudara yang kendor.

Bantal yang tidak rata

Tidur menggunakan bantal yang keras atau tidak rata bisa menyebabkan sakit leher di keesokan hari. Sehingga sebelum tidur, anda harus menepuk-nepuk bantal terlebih dahulu.

Lengan diangkat ke atas

Jika anda termasuk orang yang suka tidur dengan menempatkan lengan di atas kepala, anda sebaiknya hindari. Karena posisi seperti ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan di bahu.

Lengan menyangga leher

Tidur dengan posisi satu lengan digunakan untuk menyangga leher merupakan posisi yang kurang cocok untuk anda yang memiliki sleep apnea dan bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Tidur di kursi

Tidur di kursi atau sofa mungkin menjadi alternatif ketika kasur penuh atau anda terlalu lelah melangkah ke kamar tidur. Namun, tidur di kursi bisa membuat anda sakit leher dan tidak mendapatkan tidur yang nyenyak.

Menutup wajah

Baik sengaja ataupun tidak sengaja, tidur dengan menutup bagian wajah bisa menyebabkan anda tersedak karena hidung yang tertutup dan membuat anda tak bisa bernapas dengan benar.

Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak tanpa rasa sakit di kemudian hari, anda harus memiliki posisi tidur yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *