Pilihan Olahraga Tepat dan Sehat Ketika Berpuasa

Orang yang malas berolahraga, akan semakin malas lagi jika ia sedang berpuasa. Dan orang yang tadinya sering latihan atau olahraga pun menghentikan rutinitas olahraga mereka, karena dirasa akan membuat haus dan tubuh yang sudah lelah tambah lelah.

Tapi, para ahli kesehatan justru menghimbau agar rutinitas olahraga tidak dihentikan selama puasa, karena kegiatan fisik tersebut dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraganya pun dilakukan pada sore hari dengan intensitas ringan. Lalu, apa saja Pilihan Olahraga Tepat dan Sehat Ketika Berpuasa ?

5 Jenis Olahraga Tepat Saat Berpuasa

Pilihan olahraga tepat saat berpuasa

Jalan Kaki

Berjalan kaki cepat dalam waktu 40 menit di sore hari menjelang buka puasa sama dengan membakar lemak ketika berlari dalam waktu 20 menit. Jangan terlalu cepat, karena hal itu bia membuat anda mudah lelah serta haus.

Yoga atau pilates

Yoga dan pilates termasuk ke dalam olahraga dengan gerakan lambat, namun bisa membakar kalori dan memperbaiki postur tubuh. Selain sangat direkomendasikan sebagai metode relaksasi, yoga dan pilates dianjurkan untuk dilakukan bagi anda yang tengah berpuasa. Sebaknya lakukan latihan yoga dan pilates selama 45 menit sebelum buka puasa.

Latihan beban

Banyak yang mengatakan bahwa latihan beban tak cocok dengan mereka berpuasa karena harus mengeluarkan tenaga atau energi yang cukup besar. Namun, nyatanya tak sedikit pula yang merekomendasikan latihan bebas ringan di sore hari menjelang buka, seperti sit-up, push-up, atau squata yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung serta membakar lemak.

Baca juga : Makanan dan Minuman yang Harus Diperhatikan Saat Puasa

Bersepeda

Bersepeda keliling kota menjelang buka puasa rasanya bukan ide yang tepat, karena jam-jam menjelang buka, biasanya pusat kota atau jalan perkotaan akan mengalami kemacetan. Untuk menyiasatinya, anda bisa bersepeda keliling taman, tanpa adanya macet dan polusi udara.

Berenang

Berenang dipercaya dapat membatalkan puasa, karena ada sebagian air yang bisa masuk ke dalam mulut. Ketentuan berenang yang dapat membatalkan puasa ini mungkin masih membuat bingung juga 😀 . Tapi, yang perlu diketahui adalah jika berenang yang dilakukan pada sore hari menjelang buka puasa, baik untuk kesehatan paru-paru anda. Sebaiknya gunakan gaya dada dibandingkan gaya bebas yang banyak menguras tenaga.

Nah, itulah 5 jenis olahraga yang bisa anda pilih untuk dilakukan selama bulan Ramadhan ini. Tentunya anda harus lakukan olahraga tersebut pada intensitas ringan dan sore hari untuk menghindar rasa lelah dan haus berlebih.

Salam sehat … Harga Produk Herbal Alami 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *