Penyebab Lama Tidur Tapi Masih Mudah Ngantuk

Pernahkah anda merasakan kantuk yang begitu hebat di pagi hari, padahal anda sendiri telah tidur dalam batasan yang sewajarnya ? Jika iya, temukan penyebab dari masalah tersebut di artikel hargaalami.com kali ini.

Penyebab Lama Tidur Tapi Masih Mudah Ngantuk

 

Penyebab Lama Tidur Tapi Masih Mudah Ngantuk

Minum kopi terlalu banyak

Tentu anda sudah tau jika kafein dalam kopi bisa membuat tubuh tetap terjaga. Akan tetapi, jika asupan kafein dalam tubuh terlalu besar, hal tersebut justru akan membuat tubuh mudah lelah. Di sini, hormon adrenalin diperintahkan untuk bekerja dengans angat keras, sehingga membuat tubuh tak bisa beristirahat dan akibatnya ngantuk selalu menyerang walaupun anda baru beberapa menit bangun tidur.

Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang adalah salah satu gangguan kesehatan yang tidak mudah untuk didiagnosa dari awal. Akan tetapi, rasa lelah yang berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa hormon dalam tubuh tidak seimbang.

Stress

Stress yang berasal dari pikiran bisa juga membuat anda merasakan lelah yang begutu hebat. Untuk itu, saat anda lelah, cobalah untuk mengambil napas sejenak saja demi meredakan ketegangan.

Kekurangan asupan nutrisi

Pakar kesehatan mengungkapkan, ketika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka anda akan cepat merasa lelah yang membuat kantuk menyerang dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan asupan nutrisi lengkap dalam sehari-hari seperti karbohidrat, lemak, Protein, serta serat. Nutrisi lengkap tersebut bisa membuat tubuh mampu bertahan lebih lama dan terhindar dari lelah maupun rasa kantuk.

Dehidrasi

Ketika tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup, rasa kantuk yang terlalu sering menjadi salah satu awal gejalanya, Riset yang dilakukan para ahli pun menunjukan bahwa tubuh membutuhkan banyak air agar selalu bertenaga dan fokus.

Jarang olahraga

Olahraga menjadi kegiatan fisik yang perlu anda masukkan di daftar harian, karena tubuh yang jarang atau malas berolahraga akan merasa mudah lelah dan mengantuk. Hal ini dikarenakan, olahraga dapat membantu kelancaran sistem metabolisme tubuh.

Itulah beberapa alasan yang bisa menyebabkan anda mudah mengantuk padahal sudah tidur dalam waktu yang cukup bahkan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *