Penyakit yang Lebih Sering Terjadi pada Para Pria

Dewasa ini banyak sekali penyakit yang bisa menyerang semua orang, pria maupun wanita, anak maupun dewasa, bahkan di kalangan orang miskin ataupun kaya. Akan tetapi, jika dilihat dari risiko dan riwayat penyakit yang sudah ada, ada beberapa penyakit yang berisiko tinggi pada pria, di antaranya :

Penyakit yang Lebih Sering Terjadi pada Para Pria
Penyakit jantung

Menurut American Heart Association, penyakit kardiovaskular terjadi secara berbeda pada pria, bahkan 100 ribu kematian akibat penyakit ini terjadi pada pria, baik di Amerika maupun Afrika.

Kanker akibat alkohol

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, pria berisiko tinggi menderita kanker mulut, tenggorokan, hati, dan usus, akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol tersebut pula yang membuat fungsi hormon seksual pria mengalami masalah.

Diabetes

Diabetes dikenal dapat menimbulkan masalah kerusakan saraf, jantung, ginjal, stroke, hingga kebutaan yang nyatanya lebih sering terjadi pada pria. Sehingga, para pakar kesehatan merekomendasikan anda untuk menerapkan pola hidup sehat dengan tak lupa pada pemeriksaan atau check up yang harus rutin dilakukan.

Kanker kulit

Berdasarkan riset yang dilakukan Skin Cancer Foundation, 2/3 dari kematian yang disebabkan oleh melanoma di tahun 2013, tejadi pada pria. Selain itu, 60% dari kematian yang terjadi pada kanker kulit dialami oleh pria pemilik kulit putih yang berusia rata-rata 50 tahun-an.

Gangguan mental

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa orang yang mudah mengalami gangguan mental atau depresi adalah wanita. Namun, National Institute of Mental Health (NIMH) mengungkapkan jika 6 juta orang dengan gangguan mental sampai bunuh diri, lebih sering terjadi pada pria.

Gangguan hati

Alkohol lagi-lagi menjadi masalah besar bagi para pria. Laporan menunjukan jika penyakit liver atau hati yang akibat penggunaan alkohol dan tembakau secara berlebihan, cenderung lebih mengintai pria.

Walaupun beberapa penyakit di atas lebih banyak menyerang pria, bukan berarti para wanita merasa bebas dari penyakit tersebut. Tetap terapkan pola hidup sehat pada diri sendiri dan keluarga untuk menghindari ancaman mengerikan pada tubuh.

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *