Pantangan Makanan untuk Wanita Ketika Menopause

Menopause merupakan sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita seiring dengan bertambahnya usia, atau juga sebagian orang mengetahuinya sebagai kondisi dimana wanita tidak akan mengalami menstruasi dalam 12 bulan. Penyebab dari kondisi ini adalah perubahan hormon yang terjadi pada setiap wanita yang bisa memunculkan beberapa gejala seperti kecemasan, perubahan suasana hati, sulit tidur, kelelahan yang berlebihan, nyeri sendi, serta ciri khas dalam menoupase yaitu semburan panas dari tubuh.

pantangan makanan untuk wanita menopause

Gejala yang terjadi sedikitnya bisa memengaruhi aktivitas anda, sehingga anda harus benar-benar memerhatikan kondisi tubuh anda, salah satunya dengan menghindari Pantangan Makanan untuk Wanita Ketika Menopause berikut ini :

Makanan yang dipanggang

Saat menopause, sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan olahan yang memilkki kandungan lemak dan gula tinggi, seperti roti putih atau muffin. Makanan tersebut dapat membuat kadar gula darah naik secara drastis dan mimicu peningkatan berat badan sampai obesitas.

Makanan pedas

Makanan pedas memang menjadi makanan favorit oleh kebanyakan wanita, terutama saat mereka mengalami sakit kepala atau pusing, karena diyakini bisa meringankan masalah tersebut. Akan tetapi, capsicum dalam cabai atau paprika dan makanan pedas lainnya bisa memicu timbulnya panas dan keringat di malam hari sebelum tidur. Sedangkan jika anda bisa mengurangi konsumsi makanan pedas tersebut, masalah seperti psoriasis, osteoarthritis, serta herpes zoster bisa menjadi ringan.

Makanan asin

Sodium atau garam dalam tubuh bisa mempertahankan cairan, sehingga membuat anda kembung dan merasa tidak nyaman. Terlalu banyak mengonsumsi garam dalam olahan makanan bisa memicu tekanan darah tinggi, sampai serangan jantung dan stroke.

Kafein

Minum minuman berkafein seperti kopi maupun teh pada dasarnya dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering bahkan sampai melebihi batas tertentu, justru akan berbalik tak menyehatkan terutama untuk anda yang telah masuk dalam menopause. Sebaiknya anda mulai ganti minuman berkafein dengan air putih atau jus buah 100% dengan kadar gula rendah.

Alkohol

Tak hanya minuman berkafein, minuman beralkohol pun harus dihindari. Bukan hanya berlaku untuk wanita menopause, namun juga untuk semua orang. Karena alkohol bisa menyebabkan terjadinya keringat dingin, sakit kepala, serta kecemasan.

Nah itulah beberapa makanan yang sebaiknya anda kurangi bahkan hindari saat menopause mulai tampak. Walaupuan usia semakin bertambah, semoga kesehatan tetap bisa terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *