Minuman Sehat yang Baik Diminum Sebelum Tidur

minuman sehat yang baik diminum sebelum tidur

hargaalami.com | Minum sebelum tidur harus mulai diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bisa mendukung kualitas tidur yang akan didapatkan. Tapi, jangan sampai anda salah dalam memilih minuman yang tepat sebelum tidur, contohnya saja kopi. Kopi sangat dipantang diminum sebelum tidur karena ia memberikan efek buruk pada kualitas tidur.

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun tidak menimbulkan efek samping, para pakar kesehatan merekomendasikan anda untuk minum minuman berikut ini :

Susu rendah lemak

Susu redah lemah yang disajikan dalam keadaan hangat atau dingin dipercaya dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan triptofan dan kalsium yang ada di dalam susu tersebut. Di samping itu, Protein Kasein yang juga ada di dalam susu bisa memiliki peran untuk menutrisi otot sepanjang malam serta bisa mempercepat metabolisme tubuh.

Susu kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan asam amino triptofan yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Tidur anda akan menjadi lebih nyenyak, kortisol berkurang, serta perlawanan pada lemak tubuh lebih efektif.

Jus anggur

Menurut riset yang dipublikasihan dalam Cell Reports menunjukan, bahwa sekresi insulin pada malam hari karena konsumsi jus anggur dapat membuat ritme jantung lebih teratur dalam proses osilasi endogen yang berulang setiap 24 jam. Hal ini dapat berdampak pada kualitas tidur manusia. Selain itu, riser lain juga menunjukan bahwa resveratrol dalam anggur dapat membakar lemak dengan mudah.

Baca juga : Makanan yang Bisa Buat Anda Panjang Umur

Teh chamomile

Satu cangkir teh chamomile panas, diyakini dapat meningkatkan Glycine (neurotransmitter penenang saraf) dalam tubuh. Hal ini tentu menjadi alasan chamomile bisa memantu anda untuk tidur lebih nyenyak. Chamomile juga memiliki peran sebagai penjaga suhu tubuh dan pengontrol glukosa. Sebaiknya anda memastiskan teh yang anda minum sebelum tidur ini bebas gula dan kafein.

Kefir (susu fermentasi)

Studi yang telah dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine menunjukan bahwa kefir atau yoghurt dapat membuat anda tidur lebih nyenyak. Probiotik dalam kefir ini mampu bekerja pada usus untuk meningkatkan kehidupan bakteri sehat yang nantinya akan menyerang bakteri jahat penyebab gangguan kesehatan.

Untuk lebih sehat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, anda bisa minum 5 jenis minuman sehat di atas. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *