Metode Memasak yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Memilih makanan sehat untuk disantap setiap hari demi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, nyatanya bisa hancur karena proses atau cara memasak yang salah. Beberapa metode memasak ternyata bisa menghilangkan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut, bahkan sampai berbalik memberikan dampak negatif pada tubuh. Berikut ini teknik atau Metode Memasak yang Bisa Membahayakan Kesehatan, di antaranya :

Metode Memasak yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Memasak yang sangat lama

Memasak sampai benar-benar matang atau sampai mendidih dalam waktu yang lama, memang dapat mencegah lemak dari oksidasi, namun cara seperti ini malah akan mengubah sifat protein. Salah satu contohnya adalah ketika anda mendidihkan daging selama berjam-jam, hal ini akan mengubah bahkan menghilan protein yang terkandungnya.

Slow cooking

Memasak secara perlahan mungkin bisa membuat masakan lebih enak karena anda terlihat begitu hati-hati dalam melakukan prosesnya. Namun, memasak dengan cara seperti ini justru bisa memecah kolagen yang terkandung di dalam makanan tersebut. Jika cara memasak seperti ini telah terbiasa anda lakukan dan sulit dihilangkan, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa rempah atau bumbu dapur kaya antioksidan.

Menggoreng dengan minyak banyak

Memasak dengan menggunakan minyak yang banyak bisa membuat lemak teroksidasi dan protein berubah. Hal ini akan memicu banyaknya racun dan meningkatkan risiko kanker.

Menggunakan suhu sangat panas

Cara memasak seperti ini dikatakan bisa mengubah protein lebih banyak ketimbang dengan cara memasak lainnya. Memasak dengan suhu yang sangat panas dapat mengoksidasi lemak serta menyebabkan glutamat terbentuk akibat nutrisi daging yang sudah rusak.

Memanggang

Salah satu teknik yang baik dalam memanggang daging adalah dengan tidak membuatnya hangus atau berwarna hitam. Karena, bagian luar yang hangus ini justru bisa membahayakan tubuh anda. Jadi, sebaiknya pangganglah daging sampai nyaris kecoklatan serta bagian tengahnya setengah matang.

Barbequ

Memanggang daging di atas bara api akan menyebabkan lemak yang terkena bara api membentuk HCA dan PAH yang dikenal mampu mengakibatkan kanker maupun peradangan.

Membakar daging

Membakar daging, bahkan sampai hangus, bisa menyebabkan oksidasi molekul lemak. Lemak yang telah teroksidasi ini bisa menyebabkan hormon anda kurang sensitif pada insulin dan membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu, cara memasak seperti ini bisa menghasilkan zat karsinogen, sang pemicu kanker.

Mikrowave

Mikrowave yang digunakan untuk memasak maupun memanaskan makanan, bisa mengubah protein dalam makanan tersebut. Selain itu, mikrowave menghasilkan gelombang mikro yang bisa menimbulkan perubahan LDL, HDL, serta sel darah putih.

Dengan dampak yang beragam dari cara memasak di atas, sekarang saatnya anda untuk mengubah kebiasaan tersebut menjadi ke cara yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *