Manfaat Wortel untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Wortel adalah salah satu sayuran yang paling banyak digunakan dan dinikmati di dunia, sebagian karena mereka tumbuh relatif mudah, dan sangat fleksibel dalam sejumlah masakan dan budaya masakan. Wortel ilmiah diklasifikasikan sebagai Daucus carota, dan ini dikategorikan sebagai akar sayuran. Kebanyakan yang ditemukan adalah wortel berwarna orange, walaupun di beberapa negara anda juga bisa menemukan wortel dalam warna lain. Terlepas dari perbedaan ini, berikut ini adalah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu diketahui, antara lain :

Manfaat Wortel untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

1. memperbaiki fungsi penglihatan

Wortel dipercaya baik untuk kesehatan mata. Sayuran berwarna orange ini kaya beta-karoten, yang dikonversi menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A berubah pada retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu diperlukan untuk penglihatan pada malam hari. Beta-karoten juga telah ditunjukkan untuk melindungi degenerasi makula dan katarak. Studi menemukan bahwa orang yang makan banyak beta-karoten, 40 persen lebih rendah berrisiko degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

2. mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti baru saja menemukan falcarinol dan falcarindiol yang mereka rasakan memiliki sifat antikanker. Falcarinol adalah pestisida alami yang diproduksi oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu sumber-sumber yang umum dalam senyawa ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa tikus yang konsumsi wortel, bisa menurunkan sepertiga risiko kanker.

3. anti-penuaan

Beta-karoten tingkat tinggi bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel tubuh melalui metabolisme. Itu membantu memperlambat penuaan sel.

4. antiseptik kuat

Wortel dikenal juga sebagai obat untuk mencegah infeksi secara alami. Mereka dapat digunakan pada luka dengan cara memarut wortel mentah atau direbus dan ditumbuk.

5. kesehatan kulit (dari dalam)

Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, serta kulit yang tidak merata.

6. kesehatan kulit (dari luar)

Wortel digunakan sebagai masker wajah murah dan sangat nyaman. Hanya campur parutan wortel dengan sedikit madu.

7. mencegah penyakit jantung

Studi menunjukkan Diet tinggi karotenoid terkait dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Wortel memiliki tidak hanya beta-karoten tetapi juga alpha-karoten dan lutein. Konsumsi rutin wortel juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel yang mengikat dengan asam empedu.

8. detoksifikasi racun

Vitamin A membantu hati dalam detoksifikasi racun keluar dari tubuh, mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat yang hadir dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

9. kesehatan gigi dan gusi

Ini adalah sebuah krisis, karena wortel dapat membersihkan gigi dan mulut Anda. Mereka menggosokan plakat dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang bersifat basa, sehingga bisa menyeimbangkan kandungan asam yang keluar, rongga pembentuk bakteri. Mineral dalam wortel mencegah kerusakan gigi.

10. mencegah stroke

Dari semua manfaat di atas tidak mengherankan bahwa studi Harvard University, orang-orang yang makan wortel lebih dari enam minggu lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke daripada mereka yang makan wortel hanya satu bulan atau lebih.

Jangan hanya kelinci saja yang suka makan wortel, anda pun sebaiknya mulai sukai dan konsumsi wortel secara teratur. Kemudian, dapatkan manfaat kesehatan secara alami untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *