Manfaat Sunat Bagi Kesehatan Pria Berbagai Usia

Bagi para pria muslim, sunat atau khitan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan sebelum ia baligh. Sunat atau khitan sendiri adalah proses memotong atau membuang lapisan luar pembungkus ujung penis, atau yang biasa disebut kulup. Tujuannya ada beberapa versi untuk masing-masing agama. Sedangkan untuk sisi medis, Manfaat Sunat Bagi Kesehatan Pria Berbagai Usia telah dibuktikan, antara lain :

manfaat sunat bagi kesehatan pria
Menjaga kebersihan organ intim

Kulup menjadi tempat bersarangnya virus maupun bakteri yang bisa menginfeksi penis. Salah satunya ketika anda selesai kencing, kemungkinan ada kotoran yang tersisa di kulup tersebut, sehingga menyebabkan iritasi kronis. Kebersihan yang diperoleh pun menjadi tanda bahwa para pria bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Mencegah kanker prostat

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sunat akan bisa mengurangi risiko terinfeksi penyakit menular yang menjadi salah satu pemicu kanker prostat.

Mencegah infeksi kandung kemih dan ginjal

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh profesor ilmu kedokteran molekular Sydney Medical School, University of Sydney, Brian Morris, menunjukan bahwa anak laki-laki yang tidak melakukan sunat, berisiko terjangkit infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal.

Mencegah HIV/AIDS

Seperti yang diungkapkan di poin sebelumnya, jika pria yang sudah sunat akan memiliki risiko rendah terjangkit penyakit menular seksual, salah satunya HIV. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr.Lance Price, di George Washington University, USA, sunat bisa menurunkan risiko infeksi HIV mencapai 50%. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang telah sunat memiliki jumlah bakteri yang lebih sedikit ketimbang mereka yang tidak sunat.

Merangsang pertumbuhan bakteri baik

Sedangkan penelitian lainnya yang dilakukan di Indiana University menunjukan fakta bahwa sunat memberikan dampak baik bagi perkembangan bakteri baik yang bertugas sebagai pelindung. Sehingga mampu membuat anda memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Itulah manfaat sunat atau khitan yang bisa didapatkan oleh para pria. Tentu saja bukan tanpa alasan mengapa kegiatan ini sangat dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *