Manfaat Penggunaan Minyak Kelapa Saat Hamil

Harga Alami | Pohon kelapa sudah sangat umum dikenal sebagai makhluk hidup yang kaya manfaat. Mulai dari buah, daun, dahan, batang, sampai akarnya. Dari buahnya sendiri, air kelapa yang dihasilkan bisa langsung kita konsumsi sebagai pelepas dahaga, sedangkan daging buahnya bisa dikonsumi secara langsung juga, namun bisa juga diolah sedimikan rupa untuk dimanfaatkan dalam berbagai hal. Sebut saja minyak kelapa.

Minyak kelapa telah lama digunakan masyarakat, khususnya ditujukan untuk para ibu hamil. Kenapa dengan ibu hamil ? Bagaimana khasiat minyak kelapa yang dimanfaatkan selama masa kehamilan ?

Manfaat Penggunaan Minyak Kelapa Saat Hamil

 

manfaat penggunaan minyak kelapa saat hamil
Mengatasi flu dan pilek

Minyak kelapa memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat dengan mudah menghalau masuk dan berkembangnya patogen ke dalam tubuh, termasuk virus penyebab flu dan pilek. Hal tersebut juga menunjukan jika minyak kelapa dapat menjadi pendukung sistem imunitas terbaik. Dalam mengatasi gangguan seperti ini, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa di setiap harinya.

Merangsang produksi ASI

Ketika berbicara produksi ASI, mungkin yang pertama kali ibu pikirkan adalah daun katuk. Namun, siapa sangka jika minyak kelapa dengan kandungan Asam Lauratnya bisa memberikan fungsi yang sama dengan daun katuk, yaitu membantu produksi ASI agar lebih banyak dan berkualitas.

Baca juga : Khasiat Minyak Ikan Agar Tubuh Tetap Sehat

Mengatasi sembelit dan morning sickness

Sembelit dan morning sickness sering menjadi masalah umum pada kehamilan di trimester pertama, dan minyak kelapa bisa menjadi solusinya. Cukup dengan minum 1 sendok kecil minyak kelapa dalam sehari.

Memudarkan stretchmarks

Kandungan Vitamin E yang ada di dalam minyak kelapa, membuatnya dapat melembapkan kulit serta memudarkan stretchmarks yang menjadi pengganggu penampilan ibu ketika hamil. Cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan membalurkan minyak kelapa di sekitar perut saat kehamilan trimester 3.

Mengatasi gatal

Ketika perut gatal, cobalah untuk oleskan minyak kelapa di bagian yang gatal tersebut untuk mencegah terjadinya iritasi.

Pengganti susu saat hamil

Minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi yang amat lengkap, sehingga diyakini bisa mengganti peranan susu ibu hamil. Bahkan, konsumsi minyak kelapa 2 x 1 sendok perhari lebih baik dibandingkan dengan konsumsi susu kehamilan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian di Cambridge University.

Setelah mengetahui manfaatnya ini, sepertinya para ibu hamil mulai siap menggunakan minyak kelapa sebagai hal penting yang sangat dibutuhkan saat kehamilan. Semoga tetap sehat yah bumil ! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *