Manfaat “Kimchi” Makanan Khas Korea untuk Kesehatan

Jika anda termasuk salah satu pecinta drama korea, mungkin anda tak akan asing dengan salah satu makanan khas di negeri ginseng tersebut, yaitu kimchi. Makanan yang diolah melalui cara fermentasi ini melibatkan beberapa jenis sayur seperi sawi atau lobak, kemudian bubuk cabai korea asli, bumbu tertentu, dan rempah lainnya. Karena terbuat dari bahan alami, kimchi dipercaya mampu memberikan beberapa khasiat yang tak terduga untuk kesehatan.

Manfaat “Kimchi” Makanan Khas Korea untuk Kesehatan

 

manfaat kimchi untuk kesehatan

1. mengandung bakteri sehat dan probiotik

Karena kimchi hasil fermentasi, seperti yoghurt, berisi “bakteri sehat” disebut laktobasilus yang membantu dalam proses pencernaan tubuh Anda. Produk menakjubkan lain dari proses fermentasi adalah probiotik juga dapat melawan berbagai infeksi dalam tubuh Anda.

2. menurunkan kadar kolesterol

Jika Anda menderita dari tekanan darah tinggi atau jumlah kolesterol dalam darah Anda, jangan khawatir. Bawang putih ditemukan di kimchi berisi allicin dan selenium yang keduanya membantu dalam mengurangi kolesterol tubuh. Selain itu, zat ini juga secara tidak langsung membantu Anda mencegah kemungkinan mengembangkan stroke atau penyakit kardiovaskuler lainnya, karena mencegah penumpukan plak dalam dinding arteri Anda.

3. memfasilitasi pengembangan tubuh yang sehat

Penyajian 100 gram kimchi memiliki 18% nilai harian vitamin a, jika kita mempertimbangkan 2.000 kalori per hari diet. Selain vitamin yang antioksidan yang dapat membantu menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanker, manfaat dari kimchi tidak terbatas. Vitamin A di dalamnya penting dalam mengembangkan tubuh yang sehat. Hal ini juga membantu dalam pemeliharaan penglihatan yang jelas dan sehat.

4. menghasilkan kulit yang cerah dan rambut mengkilap

Kimchi juga bisa membuat penampilan luar Anda tampak hebat. Karena selenium yang ditemukan dalam bawang putih dalam kimchi membuat kulit dan rambut sehat. Makan kimchi membantu Anda mencegah kerutan dalam jangka panjang. Juga, selenium adalah bagian yang relevan Glutathione, yang memelihara vitamin C, sehingga membuat lebih kuat dan lebih efektif dalam tubuh.

5. mencegah kanker perut

Profesor Miri Kim Departemen gizi makanan di Universitas Nasional di Propinsi Chungcheong menemukan kubis Cina dan lobak ditemukan di kimchi mengandung bio-kimia seperti isocyanate dan sulfida membantu dalam detoksifikasi logam berat yang ditemukan dalam hati, usus dan ginjal. Bahan bio-kimia, khususnya isocyanate, dipelajari agar dapat mencegah kanker perut juga.

6. melambatkan proses penuaan

Pernah bertanya-tanya mengapa orang Korea tampak muda untuk usia mereka? Ini adalah hanya salah satu banyak manfaat dari kimchi yang Anda dapat petimbangkan. Ssetelah dua minggu difermentasi, kimchi kaya anti-oksidan yang mengurangi tingkat penuaan kulit. Itu juga menghambat oksidasi sel, membuat Anda terlihat riang dan santai, meskipun Anda berada di bawah banyak stres.

7. membantu Anda menurunkan berat badan

150 gram kimchi hanya mengandung 40 kalori. Tetapi tidak terbatas pada ini, kimchi membantu metabolisme karbohidrat untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Selain itu, capsaicin ditemukan di cabai di hidangan Korea ini meningkatkan metabolisme Anda dan membuat Anda menggunakan energi yang berlebih, sehingga meningkatkan penurunan berat badan.

8. mencegah terjadinya ulkus peptikum

Ulkus peptikum sering disebabkan oleh Helicobacter pylori, bakteri gram negatif yang ditemukan dalam lambung. Bagaimana kita bisa menghentikan pertumbuhannya ? Dengan makan kimchi. Kimchi berisi leuconostoc mensenteroides yang menghasilkan Dekstrin, zat penting untuk menghentikan pertumbuhan H. pylori dalam tubuh Anda!

9. meningkatkan kekebalan Anda

Profesor Rina Yu ahli makanan dan gizi di Universitas Ulsan menemukan kimchi menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh untuk lebih aktif dan antibodi menjadi lebih berlimpah. Makan diet kolesterol tinggi dapat memberikan aktivitas sel kekebalan 55%, normal diet dapat memberikan 68% tetapi diet kolesterol tinggi ditambah kimchi dapat memberikan 75%.

Jika anda tertarik dengan kimchi ? tak perlu jauh ke korea. Sekarang banyak restaurant atau cafe yang menyediakan berbagai makanan khas negeri ginseng tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *