Manfaat Kentut untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Kentut, salah satu hal yang cukup memalukan jika harus dibicarakan, apalagi jika anda kentut di depan orang lain. Tapi, anda mungkin tahu jika beberapa fakta tentang kentut, yang ternyata kentut itu sehat. Bahkan orang yang baru melaksanakan operasi harus kentut dulu, baru ia bisa makan dan diberikan obat yang harus dikonsumsi. Apa benar seperti itu ? dan kentut sendiri memiliki manfaat ? Ya, mari kita simak penjelasan dari beberapa pakar kesehatan mengenai manfaat kentut untuk kesehatan yang tak terduga berikut ini.

Manfaat Kentut untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kentut untuk kesehatan yang tak terduga

Mengobati masuk angin

Masuk angin menjadi kondisi yang mungkin banyak dialami oleh masyarakat Indonesia dengan gejala berupa perut kembung. Untuk membuang angin yang masuk ke dalam tubuh tersebut, kentut atau sendawa menjadi solusinya.

Anti-inflamasi

Gas hydrogen sulfide yang keluar saat kentut, ternyata bisa memberikan efek anti-inflamasi pada anda yang menghirupnya.

Melancarkan sirkulasi darah

Gas hydrogen sulfide yang keluar bersama kentut juga dikatakan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Karena ia mampu melebarkan jaringan pembuluh darah serta meningkatkan kelenturan pembuluh darah darah.

Mengontrol tekanan darah

Sebuah riset mengungkapkan bahwa, orang yang menghirup bau kentut, bisa memiliki tekanan darah normal. Karena, kentut mengeluarkan hydrogen sulfide yang memberikan efek kontrol tekanan darah.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Dengan menghirups gas hydrogen sulfide yang dikeluarkan saat kentut, juga bisa membantu anda dalam menurunkan risiko penyakit kronis. Walaupun demikian, cara lain untuk mencegah penyakit kronis harus tetap anda perhatikan dengan baik.

Mendeteksi gangguan pencernaan

Kentut juga ternyata bisa membantu tubuh mendeteksi adanya gangguan pencernaan seperti gastrointestinal. Gangguan seperti ini bisa dilihat dengan mencermati jumlah kentut yang terjadi dalam sehari. Jika anda kentut dalam sehari di bawah 14 kali, maka anda perlu mengeceknya ke dokter, karena kemungkinan ada gangguan pencernaan dalam tubuh anda.

Tanda sistem pencernaan telah bekerja kembali

Setelaha anda melakukan oprasi, dokter akan menyuruh anda untuk tidak makan sebelum kentut, karena sistem pencernaan anda dikatakan belum siap bekerja. Dengan kentut atau buang angin, menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan anda telah siap bekerja kembali. Sehingga anda pun bisa makan dan minum seperti semula.

Nah, itulah beberapa manfaat kentut untuk kesehatan tubuh anda yang juga menjadi nilai positif untuk kehidupan. Bisa anda bayangkan, berapa harga yang harus anda bayar untuk bisa kentut ? Jadi, jangan pernah menahan kentut atau malu jika sudah kentut, asalkan anda pun tahu kondisi saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *