Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan Jasmani

Produk Herbal | Shalat yang menjadi kewajiban umat islam ini, nyatanya bukan hanya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT saja, melainkan juga memberikan manfaat pada jasmani kita melalui gerakan-gerakannya yang teratur, dengan catatan gerakan tersebut dilakukan secara benar. Berikut penjelasan lengkapnya !

Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan Jasmani

manfaat gerakan shalat untuk kesehatan
Gerakan takbiratul ihram

Gerakan pertama dalam shalat ini dilakukan dengan berdiri tegap, mengangkat kedua tangan, kemudian disedekapkan di depan dada. Gerakan ini diyakini akan melancarkan pernapasan, menguatkan serta mengencangkan otot tangan dan bahu.

Gerakan rukuk

Gerakan rukuk dilakukan dengan cara membengkokkan tubuh ke arah depan, serta tangan bertumpu pada tumit. Gerakan ini akan membuat otot pinggang dan pantat berkontraksi serta mengencang. Selain itu, aliran tubuh bagian atas akan lebih lancar.

Gerakan sujud

Gerakan sujud dilakukan dengan cara meletakkan bagian kepala, dahi, serta hidung ke alas lantai dan menyentuhnya. Jari-jari kaki dibengkokkan serta kedua telapak tangan menyentuh alas lantai. Gerakan ini memberikan manfaat dalam kelancaran aliran darah ke kepala, termasuk membuat otot kaki dan leher lebih kuat.

Baca juga : 7 Khasiat Konsumsi Madu Secara Rutin

Dalam penelitian yang dilakukan para ahli, gerakan sujud dapat membantu memaksimalkan fungsi otak kanan dan otak kiri. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika anda yang selalu mendirikan shalat, akan mendapatkan kecerdasan otak.

Gerakan duduk

Gerakan duduk yang dilakukan setelah sujud ini berupa gerakan duduk yang mana pantat serta paha bertumpu pada bagian kaki bawah. Gerakan ini menyebabkan tekanan pada otot kaki, sehingga aliran darah dapat terpompa lebih optimal. Bahkan beberapa pakar berpendapat bahwa gerakan duduk yang benar dilakukan ini mampu mencegah linu dan nyeri pada bagian kaki.

Gerakan salam

Gerakan salam menjadi gerakan terakhir dalam shalat. Gerakan ini dilakukan dengan cara memutar kepala (menengok) ke kanan serta kiri sampai melihat ke belakang. Hal ini akan membuat otot leher lebih kencang serta peredaran darahnya berjalan lancar.

Subhanallah.. ibadah yang memiliki nilai plus untuk jasmani juga. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *