Manfaat dan Khasiat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Terong salah satu jenis sayuran yang memiliki keindahan dengan warnanya yang sangat ungu, mengkilap serta rasa dan tekstur yang unik. Terong sekarang tersedia di pasar sepanjang tahun yang mudah anda dapatkan dengan harga alami yang cukup terjangkau. Di samping itu, terbukti adanya manfaat dan khasiat terong untuk kesehatan tubuh, berikut informasi lengkapnya !

Manfaat dan Khasiat Terong untuk Kesehatan Tubuh

 

manfaat dan khasiat terong untuk kesehatan tubuh1. Melancarkan pencernaan

Seperti kebanyakan sayuran lain, terong merupakan sumber serat, elemen yang diperlukan dalam diet seimbang. Serat penting bagi kesehatan saluran pencernaan, serta untuk gerakan reguler perut. Serat sesuai dengan gerakan usus, sehingga mereka lulus lebih mudah melalui saluran pencernaan, merangsang gerak peristaltik, kontraksi otot polos yang menggerakan makanan melalui tubuh. Akhirnya, serat merangsang sekresi cairan lambung yang memfasilitasi penyerapan nutrisi dan pengolahan makanan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena terong hampir tidak mengandung lemak atau kolesterol, menunjukan bahwa terong menajdi makanan yang sangat sehat bagi orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat di dalamnya juga mendukung menghambat pelepasan ghrelin, hormon yang memberitahu otak kita bahwa kita lapar.

3. Menjaga Kesehatan tulang

Ada sejumlah manfaat untuk kesehatan tulang yang datang dari terong, sangat baik untuk orang-orang yang berisiko tinggi untuk degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik dalam terong dan buah-buahan lainnya merupakan zat pewarna alami. Senyawa fenolik juga telah dikaitkan dengan berkurangnya tanda-tanda osteoporosis, tulang kuat dan kepadatan mineral tulang meningkat. Terong juga memiliki sejumlah besar zat besi dan kalsium, yang merupakan bagian integral untuk kesehatan dan kekuatan tulang keseluruhan. Akhirnya, kalium dalam terong membantu dalam penyerapan kalsium, membuat terong sangat berguna untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Mengatasi anemia

Kekurangan besi bisa sangat berbahaya untuk kesehatan secara keseluruhan, dan ini dapat terwujud dalam anemia. Oleh karena itu, makan makanan yang tinggi dalam besi dapat memerangi anemia, dan terong memiliki jumlah yang layak dari besi. Terong juga sangat kaya tembaga, komponen penting lain sel darah merah.

5. Meningkatkan fungsi otak

Terong adalah sumber luar biasa fitonutrien, yang telah lama dikenal sebagai pendorong untuk aktivitas kognitif dan kesehatan mental yang umum. Mereka tidak hanya mempertahankan terhadap perlawanan radikal bebas dan menjaga tubuh serta otak dari racun dan penyakit, tetapi mereka juga meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan memberikan lebih banyak darah kaya oksigen ke otak, merangsang jalur saraf untuk mengembangkan, meningkatkan kekuatan memori dan pikiran analitis. Kalium dalam terong juga bertindak sebagai vasodilator dan otak.

6. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Terong dapat merangsang penyerapan kolesterol “baik”. Keseimbangan kolesterol dalam tubuh selalu berfluktuasi berdasarkan makanan yang kita makan, tapi kolesterol HDL lain yang kita miliki, semakin baik. Mengurangi kolesterol LDL dapat mencegah serangan jantung, stroke dan aterosklerosis. Akhirnya, bioflavonoid di terong dapat menurunkan tekanan darah tinggi, yang mengurangi ketegangan dan stres pada sistem kardiovaskular, serta meningkatkan kesehatan dan ketahanan jantung Anda.

7. Mengelola diabetes

Karena serat tinggi dan rendah jumlah karbohidrat larut, terong cocok sebagai bahan pangan untuk mengelola diabetes. Kualitas terong membuatnya berguna sebagai regulator kegiatan glukosa dan insulin dalam tubuh. Ketika tingkat insulin stabil, dan tubuh tidak mengalami lonjakan gula darah, efek samping dari diabetes dapat dihindari.

8. Mencegah kanker

Bersama dengan efek menguntungkan dari serat, terong juga memiliki sumber besar antioksidan, salah satu garis pertahanan terhadap berbagai penyakit yang lebih baik. Terong mengandung vitamin C, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, karena merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih. Juga, terong mengandung Mangan, antioksidan alami dan mineral penting. Akhirnya, tubuh Anda dapat memperoleh manfaat dari nasunin dan klorogenat asam, dua antioksidan organik yang agak tidak biasa, namun telah menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap radikal bebas, serta antivirus dan kualitas antibakteri.

9. Mencegah cacat lahir

Folat merupakan bagian penting dari diet, dan asam folat ini sangat bermanfaat untuk wanita hamil. Asam folat langsung melindungi bayi dari cacat tabung saraf, yang dapat terwujud dalam berbagai cara. Oleh karena itu, selalu disarankan bahwa ibu hamil meningkatkan asupan asam folat mereka. Dan terong adalah sumber yang kaya asam folat, yang bisa menjadi menu andalan anda saat hamil.

Bagi anda yang tidak menyukai terong, cobalah untuk mencicipinya. Banyak orang yang bisa mengolah terong menjadi makanan yang enak. Selain bisa menikmatinya kelezatan rasanya, anda pun bisa mendapatkan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *