Manfaat dan Khasiat Rosemary untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat rosemary untuk kesehatan

Tak banyak orang yang mengetahui rosemary. Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah ramuan evergreen harum asli Mediterania. Ia digunakan sebagai bumbu kuliner, membuat parfum tubuh, dan memberikan manfaat potensial untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa Manfaat dan Khasiat Rosemary untuk Kesehatan, di antaranya :

Antibakteri

pylori bakteri adalah patogen Umum dan sangat berbahaya yang dapat menyebabkan radang perut, tetapi rosemary telah ditunjukkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri tersebut ketika dikonsumsi. Selain itu, rosemary juga bermanfaat untuk mencegah infeksi Staph, yang membunuh ribuan orang setiap tahun.

Anti-inflamasi

Carnosol dan asam Carnosic adalah dua antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam rosemary yang telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan otot, pembuluh darah, dan sendi. Hal ini membuat rosemary yang efektif untuk banyak hal, termasuk tekanan darah, asam urat, arthritis, dan cedera. Selain itu, pengurangan peradangan dalam sistem kardiovaskular dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah aterosklerosis muncul.

Kekuatan sistem kekebalan tubuh

Komponen aktif dalam rosemary adalah antioksidan, anti-inflamasi, dan anti–karsinogenik di alam. Ini menjadi sarana serangan tiga proteksi terhadap banyak penyakit yang berbeda dan patogen yang dapat mengancam sistem kekebalan tubuh atau merusak integritas tubuh. Senyawa antioksidan membentuk garis sekunder pertahanan di belakang sistem kekebalan tubuh sendiri, dan rosemary berisi sejumlah senyawa yang kuat, termasuk rosmarinic, asam caffeic, asam betulic, dan carnosol.

Penenang perut

Rosemary secara tradisional telah digunakan oleh puluhan budaya sebagai obat alami untuk sakit perut, sembelit, kembung, diare, dan segala jenis masalah pencernaan. Efek anti-inflamasi dan stimulan yang sebagian besar dapat memberikan manfaat, sehingga menambahkan rosemary untuk diet Anda dengan cepat dapat membantu Anda mengatur gerakan usus dan sistem pencernaan Anda.

Penyegar napas

Sebagai agen antibakteri alami, rosemary bekerja sebagai penyegar napas yang juga meningkatkan kesehatan mulut Anda. Siapkan daun rosemary dalam segelas air panas dan kemudian berkumur dengan ramuan tersebut untuk menghilangkan bakteri dan memberikan nafas segar dan bersih secara alami sepanjang hari.

Simak artikel ini : Manfaat dan Khasiat Mentimun untuk Kesehatan

Menghilangkan Nyeri

Sebagai zat analgesik, rosemary telah diterapkan dalam pasta atau salep selama ratusan tahun untuk daerah yang terkena sakit. Ketika dikonsumsi secara oral, rosemary bertindak sebagai pereda nyeri untuk mencapai tempat yang sakit, seperti sakit kepala. Bahkan, salah satu yang paling populer digunakan Rosemary adalah untuk pengobatan migrain.

Meningkatkan kemampuan memori

Rosemary diyakini sebagai stimulan kognitif untuk meningkatkan memori dan membantu meningkatkan kecerdasan serta fokus. Rosemary telah dikaitkan dengan merangsang aktivitas kognitif pada orang tua, serta mereka yang menderita gangguan kognitif yang lebih akut, seperti Alzheimer atau demensia.

Memperbaiki Suasana hati dan stres

Aroma Rosemary sendiri telah dibuktikan dapat meningkatkan suasana hati, membersihkan pikiran, dan menghilangkan stres pada orang-orang dengan kecemasan kronis atau ketidakseimbangan hormon stres. Aromaterapi juga menggunakan minyak esensial rosemary untuk tujuan ini.

Melancarkan aliran darah

Rosemary bertindak sebagai stimulan bagi tubuh dan meningkatkan produksi sel darah merah serta aliran darah. Ini membantu mengoksidasi sistem organ vital dan daerah tubuh, memastikan bahwa aktivitas metabolisme di daerah-daerah tersebut berjalan lancar.

Detoksifikasi tubuh

Rosemary memiliki sifat diuretik, yang berarti bahwa hal itu dapat membantu flush racun lebih efisien saat buang air kecil. Selain itu, dengan meningkatkan tingkat air yang meninggalkan tubuh, itu juga dapat membantu mendorong keluar patogen, garam, racun, dan bahkan lemak berlebih ketika dikonsumsi secara teratur. Di samping itu, rosemary telah dikaitkan dengan penurunan tingkat sirosis hati dan waktu penyembuhan lebih cepat.

Jadi, mulailah kenali Manfaat dan Khasiat Rosemary untuk Kesehatan. lalu rasakan khasiatnya secara langsung !

 

By hargaalami.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *