Manfaat dan Khasiat Mentimun untuk Kesehatan

Herbal Alami | Mentimun, merupakan salah satu jenis sayuran umum yang paling banyak ditemukan. Masyarakat mengonsumsi mentimun dalam beragam bentuk, mulai sebagai lalapan mentah, tumis dalam masakan, atau dalam salad sebagai menu diet. Walaupuan banyak variasi makanan dari mentimun ini, rupanya tak sedikit juga orang yang menyukainya, apalagi para wanita, karena mereka mempercayai bahwa mentimun ini bisa menyebabkan keputihan yang banyak atau mungkin mereka bilang “basah” (maaf sedikit vulgar). Tapi, yang tak mereka ketahui adalah bahwa mentimun ini memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan anda. Berikut penjelasannya !

Manfaat dan Khasiat Mentimun untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat mentimun untuk kesehatan

1. melindungi otak

Mentimun mengandung anti-inflamasi flavonol yang disebut fisetin yang muncul untuk memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Selain meningkatkan memori otak Anda dan melindungi sel-sel saraf Anda dari penurunan berkaitan dengan usia, 1 fisetin telah ditemukan untuk mencegah memori progresif dan mencegah gangguan alzheimer yang dibuktikan pada percobaan melalui tikus.

2. mengurangi risiko kanker

Mentimun mengandung polyphenol yang disebut Lignan (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol), yang dapat membantu untuk menurunkan risiko kanker payudara, rahim, ovarium, dan prostat. Mentimun juga mengandung fitonutrien yang disebut cucurbitacins, yang juga memiliki sifat anti kanker, menurut George Mateljan Foundation.

3. melawan peradangan

Mentimun dapat membantu respons inflamasi dalam tubuh Anda, dan studi hewan menunjukkan bahwa ekstrak mentimun membantu mengurangi peradangan yang tidak diinginkan, sebagian dapat menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi (termasuk cyclo-oxygenase 2, atau COX-2).

4. antioksidan tinggi

Mentimun mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan beta-karoten. Mereka juga mengandung antioksidan flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin dan kaempferol, yang memberikan manfaat tambahan.

Sebagai contoh, quercetin adalah antioksidan yang banyak percaya mencegah pelepasan histamin — membuat makanan kaya akan quercetin “antihistamin alami.” Sementara itu, Kaempferol dapat membantu melawan kanker dan menurunkan risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

5. menyegarkan napas

Menempatkan irisan mentimun di atap mulut Anda dapat membantu untuk membersihkan mulut Anda yang disebabkan oleh bakteri. Berdasarkan prinsip-prinsip Ayurveda, Makan mentimun juga dapat membantu untuk melepaskan kelebihan panas di perut Anda, yang dikatakan menjadi penyebab utama dari penyebab bau mulut dan gangguan pencernaan.

Baca juga : Bakteri Dalam Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

6. mengelola stres

Mentimun mengandung beberapa vitamin B, vitamin B1, vitamin B5 dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B ini dikenal untuk membantu memudahkan perasaan cemas dan sebagai pencegah pengaruh beberapa efek dari stress.

7. mendukung kesehatan pencernaan

Mentimun kaya dua unsur paling dasar yang dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan, yaitu air dan serat. Menambahkan mentimun ke jus atau salad dapat membantu Anda memenuhijumlah serat yang dibutuhkan tubuh — 50 gram per 1000 kalori yang dikonsumsi. Selain itu, Jika anda memiliki masalah dengan refluks lambung, Anda harus tahu bahwa air minum dapat membantu menekan asam surutnya gejala akut dengan meningkatkan pH perut. Kemungkinan, kandungan air yang tinggi dalam mentimun juga memiliki efek yang sama.

8. mempertahankan berat badan

Mentimun sangat rendah kalori, namun mereka apat menjadi camilan atau makanan yang bisa membuat anda cepat kenyang (satu cangkir irisan mentimun mengandung hanya 16 kalori). Serat larut dalam mentimun menjadi sebuah tekstur gel seperti dalam usus, membantu untuk memperlambat pencernaan Anda. Ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu dengan mengontrol berat badan.

9. menjaga kesehatan jantung

Mentimun mengandung kalium, yang dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah. Keseimbangan yang tepat dari kalium maupun di luar sel-sel Anda sangat penting bagi tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Sebagai elektrolit, kalium ion bermuatan positif yang harus mempertahankan konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih dalam di luar sel-sel Anda) untuk melaksanakan fungsi-fungsinya, yang mencakup berinteraksi dengan natrium untuk membantu kontrol transmisi impuls saraf, kontraksi otot dan fungsi jantung.

Nah, itulah manfaat dan khasiat mentimun untuk kesehatan yang mungkin tak banyak anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, semoga bisa membantu anda dalam menemukan solusi untuk masalah anda saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *