Manfaat dan Khasiat Kubis untuk Kesehatan

Jika Anda ingin memiliki kulit bersinar indah, dan sistem kekebalan tubuh cukup kuat untuk melawan apa saja, jangan lupa ini untuk makan sayuran, salah satunya kubis atau kol.

Rekomendasi konsumsi kubis berdasarkan Ilmu gizi modern yang memahami kekuatan dari berbagai kandungan yang ada di dalam kubis. Kandungan gizi di dalamnya mampu membantu mengatasi berbagai persoalan pada tubuh, termasuk dalam hal mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Simak selengkapnya bagaimana manfaat dan khasiat kubis untuk kesehatan hanya di hargalami.com berikut !

Manfaat dan Khasiat Kubis untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat kubis untuk kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Memiliki sangat tinggi kandungan Vitamin C, sehingga kubis membantu dalam memperkuat sistem kekebalan dan juga membantu dalam pengekangan radikal bebas.

2. Anti inflamasi/radang

Kubis juga sangat kaya dalam asam amino yang membantu melawan radang atau inflamasi.

3. Membantu pengobatan ulkus peptikum

Tukak lambung atau perut borok dapat dibantu kesembuhannya dengan konsumsi kubis. Glutamin yang tinggi pada kubis inilah yang membuatnya bisa anda manfaatkan untuk membantu pengobatan ulkus.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kubis dianggap untuk menjadi hidangan terbaik bagi mereka yang sedang diet. Secangkir kubis dimasak hanya mengandung 33 kalori.

5. Membantu mengatasi sembelit

Kubis juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu anda mengatasi masalah sembelit.

6. Membantu tulang kuat dan gigi

Kubis Cina membuat tulang dan gigi kuat dengan bantuan kalsium dan vitamin K yang hadir di dalamnya. Selain itu, kalsium baik untuk menjaga fungsi standar dari otot-otot dan saraf. Sebaliknya, vitamin k dapat membantu pembekuan darah, sehingga mencegah perdarahan.

Baca juga : Tips Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

7. Menghilangkan risiko katarak

Kandungan beta-karoten dalam kubis membantu dalam pencegahan degenerasi makula mata, sehingga risiko katarak terhindarkan.

8. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Penelitian terbaru menyatakan bahwa mengkonsumsi kubis, terutama yang merah, dapat mencegah Alzheimer. Vitamin K yang banyak ditemukan di kubis bertanggung jawab untuk ini.

9. Menjaga kesehatan jantung

Memasukan kubis Cina atau bok choy dalam diet Anda bisa sangat bermanfaat bagi jantung. Hal ini karena sayuran ini penuh dengan dua mineral yang paling penting yaitu kalsium dan kalium, yang dapat mengatur tingkat tekanan darah secara efisien. Jumlah natrium hadir di dalamnya juga cukup rendah, yang baik untuk menjaga kesehatan sistem jantung.

10. Baik untuk penderita diabetes

Kalium hadir dalam kubis tidak hanya membantu dalam mengobati hipertensi, tetapi juga mengambil bagian dalam menjaga tingkat gula darah Anda agar tetap terkontrol. Mineral juga dapat merangsang mental kita dengan menghilangkan stres, ketegangan dan kecemasan.

11. Membantu mencegah kanker

Ada banyak kandungan dalam kubis yang membantu melawan sel-sel penyebab kanker. Di antaranya ini termasuk diindolylmethane (DIM), sinigrin, lupeol, sulforaphane dan indole 3-carbinol (I3C). Sulforaphane dan senyawa I3C dikenal untuk meningkatkan efek anti kanker.

12. Baik untuk ibu hamil

Kubis merupakan makanan yang luar biasa untuk wanita hamil. Kubis Cina yang dapat memenuhi persyaratan gizi calon ibu dengan mudah seperti tingginya kandungan asam folat. Makanan jenis ini dapat menjaga janin selama kehamilan dan meningkatkan produksi susu selama masa menyusui.

Selain memahami bagaimana manfaat dan khasiat kubis untuk kesehatan, anda juga harus memerhatikan kadar atau porsi dalam konsumsi kubis harus dalam batasan tertentu. Karena, terlalu banyak konsumsi kubis, dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan lambung akibat adanya gas yang bisa dihasilkan dari kubis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *