Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat buah semangka untuk kesehatan

Banyak orang yang menyukai buah semangka. Buah yang menyegarkan ini memiliki kandungan air cukup banyak, sehingga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika anda mengonsumsinya. Selain membantu tubuh untuk tetap terhidrasi, semangka juga memberikan peranan lain untuk tubuh dengan adanya beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan berikut ini :

Kelainan ginjal

Semangka mengandung banyak kalium, yang sangat membantu dalam membersihkan racun di ginjal. Selain itu, hal ini membantu dalam mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal dalam organ itu.

Menghilangkan panas

Semangka efektif dalam mengurangi suhu tubuh dan tekanan darah Anda. Banyak orang di daerah tropis makan buah ini setiap hari di sore hari selama musim panas untuk melindungi diri dari panas stroke. Jumlah air yang terkandung dalam semangka yang tinggi juga merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat, sehingga rasa panas tubuh cepat hilang.

Tekanan darah tinggi

Kalium dan magnesium yang hadir dalam semangka ini sangat bermanfaat untuk menurun tekanan darah. Kalium dianggap suatu vasodilator, berarti bahwa ia melepaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri, dengan demikian merangsang peningkatan aliran darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Karotenoid yang hadir dalam buah ini juga mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, sehingga membantu untuk mengurangi tekanan darah yang kemungkinan juga mencegah dari gumpalan darah, stroke, serangan jantung dan aterosklerosis.

Mencegah kanker

Semangka memiliki kandungan lycopene, senyawa Phytonutrisi karotenoid yang dihubungkan dengan pencegahan kanker. Sebagaimana studi membawa hasil yang konsisten, lycopene telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko prostat, payudara, usus, paru-paru dan Kanker endometrium.

Baca juga : Manfaat dan Khasiat Rosemary untuk Kesehatan

Diabetes

Semangka dapat menjadi suplemen yang baik bagi penderita diabetes. Meskipun memiliki rasa manis, semangka akan memberikan sedikit kalori, 99% dari total berat terdiri dari air dan roughage. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat gula darah. Arginin, komponen lain yang ditemukan pada semangka, sangat efektif untuk meningkatkan dampak insulin pada gula darah.

Menjaga kesehatan jantung

Lypocene, karotenoid ditemukan pada semangka, meningkatkan fungsi jantung. Beta karoten, dikenal karena antioksidan yang luar biasa dan sifat anti-penuaan, juga membuat jantung tetap sehat dan mencegah masalah jantung. Selain itu, dengan adanya Vitamin C dan Kalium, bisa membantu anda mengurangi kolesterol dan menjaga jantung Anda aman dari berbagai kondisi berbahaya termasuk risiko serangan jantung.

Degenerasi makula

Jangan khawatir tentang kesehatan mata dan degenerasi makula jika Anda rutin makan semangka, karena dengan adanya beta karoten, vitamin C, lutein dan zeaxanthin dalam semangka, mata Anda terlindung dengan baik. Mereka akan memastikan perlindungan mata Anda dari kebutaan berkaitan dengan usia dan degenerasi, dan antioksidan ini akan melindungi mata Anda dari pengeringan mata dan syaraf optik, serta glaukoma.

Impotensi

Arginin juga hadir dalam semangka, bermanfaat dalam mengobati disfungsi ereksi, dan sifat rangsangan hormon atau zat kimia yang bisa meningkatkan libido, mengurangi frigiditas dan memberikan kick memulai kehidupan cinta Anda.

Itulah beberapa manfaat semangka yang mungkin salah satu di antaranya bisa membantu permasalahan anda saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *