Manfaat dan Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan

Sawo diperkirakan berasal dari hutan hujan Amerika Tengah, mungkin di Meksiko dan Belize. Budidaya sawo telah tersebar di seluruh sabuk tropis dan sedang sebagai tanaman komersial utama di India, Sri Lanka, Indonesia dan Malaysia. Pohon yang cepat tumbuh, dan tahan kekeringan ini juga mampu menghasilkan buah yang baik pada musim tersebut. Rasa sawo yang manis membuat sawo menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang, termasuk anak-anak.

Bukan hanya buah naga, berry, atau pisang yang dikenal memiliki antioksidan dan membantu mengatasi berbagai masalah pada tubuh. Sawo pun ternyata memiliki segudang manfaat yang bisa mencegah, meringankan, sampai mengobati masalah kesehatan tertentu. Seperti apakah manfaat dan khasiat buah sawo untuk kesehatan yang banyak dibicarakan ini ? Berikut informasi selengkapnya yang bisa anda simak.

Manfaat dan Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat buah sawo untuk kesehatan

Menyehatkan pencernaan

Sawo tinggi kandungan serat. Hal ini membuat sawo sangat bagus untuk pencernaan, terutama dalam mengatasi sembelit. serat juga adalah bagian penting dari nutrisi yang baik karena manfaat tubuh dalam beberapa cara. Sawo memberikan 5.6 gram per 100 gram serat diet, sehingga membuatnya sangat baik sebagai pencahar. Ekstrak serat sawo juga membantu untuk melindungi selaput lendir hadir dalam usus besar dari kanker.

Mengatasi pilek dan batuk

Sawo juga membantu dalam pengobatan pilek dan batuk. Konsumsi buah ini membantu untuk menghilangkan sumbatan pada hidung dan juga batuk.

Mengurangi infeksi

Konsumsi buah sawo dapat bermanfaat dalam mengurangi tingkat infeksi. Ini membantu dalam mengurangi penyakit infeksi yang disebabkan virus dan bakteri. Ini juga mengurangi peradangan yang disebabkan oleh pembengkakan dan membantu untuk meringankan rasa sakit.

Menjaga daya tahan tubuh

Sawo adalah sumber yang sangat baik dari mineral seperti besi, tembaga, dan kalium. Selain mineral ini, sawo juga terdiri dari dedaunan yang mengandung asam niacin. Vitamin dan mineral membantu dalam membuat tubuh kuat dan energik.

Mencegah kanker usus besar

Sawo memiliki zat tanin. Pada kenyataannya, tanin ini memiliki beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk mengatasi wasir, diare dan menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, ia memiliki Vitamin A dan Vitamin C. Vitamin A membantu untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Sawo juga menawarkan perlindungan dari kanker rongga mulut dan kanker paru-paru. Demikian pula, Vitamin C membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap patogen dan menghancurkan radikal bebas.

Menghentikan perdarahan

Sawo memiliki sifat haemostatic. Buah ini sangat efektif dalam membantu menghentikan pendarahan. Ini juga membantu dalam mengurangi kehilangan darah yang bisa terjadi pada cedera dan dalam kondisi lainnya.

Anti-depresan alami

Sawo adalah obat alami untuk menenangkan suasana hati. Hal ini digunakan untuk merileksasi saraf dan juga untuk menghilangkan stres. Sering disarankan sebagai bagian dari diet mereka yang berjuang dengan insomnia dan gangguan panik. Ini adalah salah satu anti-depresan terbaik diresepkan oleh dokter untuk gangguan seperti MDD (gangguan depresi utama), gangguan Unipolar, dll.

Baik untuk ibu hamil

Asam folat yang terkandung dalam buah ini digunakan dalam pembentukan sel darah merah dan juga membantu dalam perkembangan janin selama kehamilan. Hal ini juga membantu untuk mencegah pembentukan homosistein yang berbahaya bagi kesehatan.

Semakin banyak mengenal dan mengetahui manfaat dari buah-buahan tertentu, semakin besar pula rasa suka padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *