Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Belimbing adalah buah tropis Asia Tenggara yang menyerupai bintang lima ketika diiris melintang. Buah-buahan memiliki rasa yang mirip dengan buah jeruk seperti Lemon atau nanas. Setiap porsi 1/2-cup irisan, belimbing mengandung vitamin, mineral, serat, dan berbagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi medis yang serius. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat dan khasiat buah belimbing untuk kesehatan.

Manfaat Buah Belimbing

 

manfaat dan khasiat buah belimbing untuk kesehatan

1. dapat membantu individu menurunkan berat badan

Kandungan serat dan air yang tinggi, rendah kalori dan karbohidrat signifikan membuat belimbing ideal untuk membantu orang menurunkan berat badan. Mereka akan membuat Anda sehat, yang akan mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan.

2. membantu mendukung sistem pencernaan

Belimbing memiliki cukup banyak serat. Serat merangsang gerak peristaltik dan peningkatan sekresi cairan lambung, yang memudahkan pencernaan, mencegah kondisi seperti sembelit, dan melindungi tubuh dari kondisi yang lebih serius seperti kanker kolorektal. Serat juga dapat mengikis kolesterol dari arteri dan pembuluh darah. Satu cangkir belimbing mengandung 4 gram serat diet.

3. menjaga tingkat gula darah

Indeks Glikemik (GI) peringkat makanan dan minuman didasarkan pada gula darah mereka meningkatkan potensi. Makanan tinggi pada indeks glikemik (seperti nasi putih dan roti putih) akan mudah pecah dan menyebabkan paku tingkat gula darah dan insulin setelah makan, yang diikuti dengan cepat menjatuhkan kadar gula darah. Belimbing lebih lambat diserap ke dalam aliran darah, yang mencegah crash gula, dan suasana hati.

4. membantu menjaga tekanan darah yang sehat

Belimbing yang sarat dengan kalium dan rendah natrium. Mereka sangat terkenal karena kandungan potasium tinggi. Satu cangkir belimbing mengandung kekalahan 176 miligram potassium, dibandingkan dengan hanya 2,6 miligram natrium. Ini membantu pembuluh darah bersantai dan menjaga tekanan darah yang tepat.

5. membantu individu melawan infeksi

Satu cangkir belimbing mengandung 76 persen dari kebutuhan harian vitamin C per cangkir. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang larut dalam air yang alami yang membantu tubuh mengembangkan perlawanan terhadap agen infeksius dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

6. menjaga rambut agar tetap sehat

Asupan memadai vitamin C tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat juga menciptakan dan memelihara kolagen, protein penting ditemui dalam rambut dan kulit. Juga, mengandung vitamin A untuk menjaga rambut lembab melalui produksi sebum yang meningkat.

7. membantu mendapatkan tidur berkualitas

Belimbing telah dikenal untuk membantu tidur, dengan kandungan tinggi magnesium, yang merupakan mineral yang secara langsung terhubung dengan meningkatkan kualitas, durasi, dan ketenangan tidur. Belimbing juga membantu mengatur metabolisme, untuk membantu mengurangi gangguan tidur dan terjadinya insomnia.

8. menjaga kesehatan kulit

Radikal bebas dan racun dibersihkan dari tubuh dengan antioksidan seperti vitamin C, pembilasan dari racun menciptakan jerawat kulit dan kontrol yang lebih baik. Belimbing dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, serta mengurangi munculnya keriput.

Jika Anda menderita penyakit ginjal, menghindari makan buah bintang. Senyawa dalam buah dapat bertindak sebagai neurotoxin pada orang dengan ginjal yang rusak, dan dapat menyebabkan kelemahan otot, kebingungan mental, masalah jantung atau kejang-kejang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *