Manfaat dan Kegunaan Kacang Hitam yang Menakjubkan

Kacang-kacangan menjadi bahan makanan sehat yang mudah ditemukan dan memiliki nilai nutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Salah satu jenis yang banyak dimanfaatkan selain kacang kedelai atau kacang tanah, adalah kacang hitam. Warna khasnya ini membuatnya terlihat berbeda dengan jenis kacang kebanyakan, namun ia juga memiliki manfaat dan kegunaan yang relatif sama dalam menjaga maupun membantu mengobati berbagai jenis penyakit. Berikut ini informasi lebih lengkapnya mengenai Manfaat dan Kegunaan Kacang Hitam yang Menakjubkan.

Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan

 

manfaat dan kegunaan kacang hitam

Menyehatkan kardiovaskular

Salah satu keuntungan terbaik dari menambahkan kacang hitam untuk diet harian Anda adalah tingkat serat tinggi yang dikandungnya. Mereka memiliki konsentrasi tinggi serat larut, yang telah terbukti untuk membantu menurunkan kolesterol darah. Serat larut menarik air dan berubah menjadi gel selama pencernaan, sedangkan serat larut membantu makanan melewati sistem pencernaan lebih cepat. Menurunkan kolesterol darah dapat mengurangi penebalan dinding arteri, yang pada gilirannya dapat mencegah serangan jantung dan stroke, serta sistem kardiovaskular lainnya.

Mencegah kanker

Kacang hitam telah ditunjukkan untuk mengurangi risiko berbagai jenis kanker karena flavonoid yang ditemukan di dalam kulit biji mereka. Ada 8 flavonoid berbeda yang telah ditemukan dalam kulit kacang hitam, dan tiga dari mereka yaitu Anthocyanin. Flavonoid pada dasarnya memproduksi Phytonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melawan penyakit dan radikal bebas.

Anthocyanin juga dapat memiliki efek kuat pada tubuh, termasuk menghambat pertumbuhan pembuluh darah menjadi tumor atau kanker, memperlambat pertumbuhan sel-sel yang berbahaya dan meningkatkan kecepatan apoptosis (kematian sel) dalam sel-sel kanker. Anthocyanin, bersama dengan semua fitonutrien lain yang ditemukan di kulit kacang hitam tersebut, membuatnya sangat kuat melawan kanker jika Anda menambahkannya secara teratur untuk diet Anda.

Mengobati masalah pencernaan

Kacang hitam memiliki kemampuan besar untuk mengatur masalah pencernaan karena mengandung tingkat tinggi protein dan serat seperti kacang kecil, membuat mereka menjadi “Makanan super”. Protein dan serat membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan, yang memungkinkan untuk memiliki nutrisi dan kemudian limbah yang dikeluarkan dengan cara yang sehat. Mereka juga dicerna lebih lambat daripada daging, yang mempunyai kandungan protein serupa. Jadi, makan kacang dapat juga membuat anda merasa cepat kenyang. Sehingga, ia dapat membersihkan sistem pencernaan dan membantu mencegah makan berlebihan yang efektif dalam diet anda.

Kacang hitam juga lebih kecil dari kacang-kacangan lainnya, sehingga lebih mudah dicerna. Seiring waktu, dengan tambahan yang biasa dari kacang hitam untuk diet, isi serat larut akan menyerap air, yang dapat mengurangi masalah sembelit. Hal ini penting untuk menambahkan kacang hitam sebagai bagian rutin dari diet Anda sehingga unsur-unsur yang menguntungkan dapat membangun sistem kesehatan usus anda.

Menormalkan gula darah

Fungsi pencernaan yang tak sehat dapat menyebabkan kadar gula darah yang tidak seimbang dalam tubuh, tetapi kacang hitam dapat mengatasi hal ini. Seperti disebutkan di atas, serat dan protein dalam kacang hitam membuat pencernaan yang mengalir pada tingkat yang stabil, jadi terkonsentrasi dosis penyerapan hara tidak terjadi. Sebaliknya, penghapusan nutrisi terjadi selama proses pencernaan. Ketika pencernaan goyah, lonjakan gula darah dapat terjadi, yang berbahaya dan bahkan fatal bagi penderita diabetes atau kondisi serupa terkait gula darah.

Detoksifikasi Sulfida dan disfungsi seksual

Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang hitam sangat tinggi molybdenum, mineral langka yang tidak mudah ditemukan dalam makanan. Molibdenum penting untuk sejumlah alasan, terutama karena dapat memecah dan mendetoksifikasi sulfida. Sulfida adalah senyawa asam yang ditemukan dalam anggur, buah-buahan kering, dan beberapa sayuran, dan banyak orang sangat sensitif terhadap efek mereka, yang mencakup sakit kepala dan disorientasi. Molibdenum ditemukan dalam kacang hitam melawan efek-efek, menetralkan efek negatif sehingga orang dapat menikmati makanan mereka lagi. Molibdenum juga membantu dalam produksi energi sel dan pengembangan sistem saraf.

Selain itu, molibdenum telah ditunjukkan bermanfaaat dalam kehidupan seksual untuk mengurangi impoten dan disfungsi ereksi pada pria yang lebih tua ketika dikonsumsi secara teratur dalam diet. Vitamin ini langka secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan energi dan ketertarikan pada aktivitas seksual pada pria yang lebih tua.

Sistem saraf

Kacang hitam juga dapat memanfaatkan fungsi sistem saraf dengan membantu memberikan asam amino yang diperlukan dan molibdenum. Kacang hitam memiliki banyak vitamin dan mineral, tetapi ada sejumlah vitamin B9 dalam kadar tinggi, atau  asam folat. Asam folat ini memainkan bagian penting dalam regulasi asam amino spesifik yang membutuhkan sistem saraf. Tanpa diet folat, penelitian telah menunjukkan peningkatan kadar homosistein, yang dapat menjadi pelopor berbahaya untuk penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Rutin menambahkan kacang hitam untuk diet Anda dapat memastikan tingkat folat aman di sistem Anda, membantu mencegah beberapa kondisi penyakit.

Menjaga kesehatan janin

Asam folat dalam kacang hitam juga berperan penting dalam melindungi bayi dalam kandungan. Tingkat folat dalam tubuh wanita integral normal dan sehat perkembangan janin, khususnya di otak dan sumsum tulang belakang. Dengan menambahkan jumlah yang sehat kacang hitam, dan karena itu folat, ke dalam diet Anda, Anda dapat melindungi bayi Anda sementara itu masih di dalam rahim.

Dengan mengetahui manfaat kacang hitam seperti ini, kita bisa mencoba bahkan lebih menyukai konsumsi kacang hitam dibandingkan kacang-kacangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *