Manfaat dan Cara Pengolahan Pegagan untuk Kesehatan

Pegagan merupakan salah satu tanaman herbal yang juga bisa anda manfaatkan, selain hanya selalu mengandalkan bahan alam yang itu-itu saja seperti kunyit, jahe, kumis kucing, serai, dan lain-lain. Karena, pegagan pun memiliki manfaat yang tak kalah hebat untuk kesehatan, di antaranya bisa dijadikan beberapa ramuan untuk berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat dan Cara Pengolahan Pegagan untuk Kesehatan

 

manfaat dan cara pengolahan pegagan untuk kesehatan

Luka

Pegagan bisa dioleskan pada luka yang masih terbuka untuk mempercepat proses penyembuhan dan menyamarkan bekas lukanya. Caranya, oleskan tumbukan daun pegagan pada luka, lakukan setiap hari. Kemampuannya dalam menyamarkan bekas luka karena adanya kandungan senyawa yang bisa memengaruhi pembentukan kolagen, sehingga bisa menghambat pembentukan jaringan parut pada kulit.

Hipertensi

Ambil 20 potongan dari daun pegagan kemudian direbus dalam 3 cangkir air 3/4. Bahan diminum 3 kali sehari, setiap 3/4 cangkir.

Demam

Segenggam daun pegagan segar ditumbuk sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air dan garam, kemudian saring. Minum pada pagi sebelum makan.

Wasir

Mengambil 4-5 genggam akar pegagan, kemudian direbus dengan 2 cangkir air selama ± 5 menit. Minum ramuan ini secara teratur selama beberapa hari.

Bisul

Cara pertama, memberikan 30 gram – 60 gram pegagan segar. Cuci dan rebus sampai mendidih, kemudian minum. Cara kedua, pegagan segar dicuci, kemudian dilumatkan dan disisipkan ke dalam tubuh yang sakit.

Batuk darah, muntah darah, mimisan

Mengambil 60-90 gram segar pegagan kemudian direbus atau diperas, ambil airnya dan minum secara teratur.

Mata merah dan bengkak

Daun pegagan dapat juga digunakan sebagai obat mata. Kuncinya adalah cukup sederhana. Pegagan segar dicuci, ditekan hancur, saring, ambil airnya. Teteskan ke mata yang sakit 3 – 4 kali sehari.

Meningkatkan nafsu makan

Untuk menambah selera makan Anda, ambil 1 genggam pegagan segar dan direbus dengan 2 cangkir air hingga tersisa 1 gelas. Minum air yang direbus daun pegagan 1 gelas per hari.

Sulit kencing

Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil, ambil 30 gram pegagan segar. Hancuran atau tumbuk sampai halus. Bahan tersebut bisa disisipkan di sekitar pusar.

Itulah beberapa manfaat dan ramuan alami dari daun pegagan. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari solusi pengobatan alternatif dari bahan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *