Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tak kenal dengan buah manggis makanan asli Indonesia yang menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia ? Bukan hanya bentuk bentuk buahnya yang unik, dengan rasa yang menyegarkan, buah yang satu ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang tak terbantahkan. Bahkan saat ini semakin banyak produk herbal yang memanfaatkan buah manggis sebagai bahan utamanya. Berikut ini adalah manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan, yang di antaranya :

manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan

1. Antioksidan

Penelitian ilmiah telah mengungkapkan bahwa Manggis memiliki senyawa polifenol yang dikenal sebagai antioksidan tinggi. Ada dua jenis Heterolingkar oksigen dalam buah ini-alpha Manggis dan gamma Manggis. Heterolingkar oksigen dan turunannya telah ditunjukkan untuk memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Antioksdian adalah obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat yang menyembuhkan sel-sel rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit degeneratif serta kerusakan fisik dan mental.

2. Rendah kalori

Buah ini sangat rendah kalori (63 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, hal ini kaya serat makanan (100 g menyediakan sekitar 13% dari RDA), yang dapat menjadi sangat penting bagi individu yang peduli tentang berat badan berlebih.

3. Vitamin C

Manggis kaya vitamin C dan mengandung 12% RDA per 100g. Vitamin C memberikan perlawanan terhadap flu seperti agen infeksi dan mengais radikal pro-inflamasi berbahaya. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan perlawanan terhadap penyakit. Kandungan Folat juga memainkan peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi dari sel-sel baru dalam tubuh. Vitamin tertentu sangat penting selama kehamilan untuk melindungi kandungan dari berbagai gangguan.

4. Melancarkan aliran darah

Manggis membantu dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah terhadap anemia. Hal ini meningkatkan aliran darah dengan menyebabkan dilatasi pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, kemacetan hati dan nyeri dada yang parah.

Dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata, Vitamin C dalam Manggis ini efektif terhadap serangan katarak. 1000mg Vitamin C per hari ini dikatakan efektif dalam mencegah katarak dan meningkatkan penglihatan.

5. Mengurangi kolesterol

Diet kaya Manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida dan melancarkan kinerja hati manusia.

6. Mengobati tuberkulosis

Manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain menjadi sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh lemah. Tindakan penghambatan terhadap bakteri berbahaya efektif untuk pasien yang menderita TBC.

7. Mencegah kanker

Antioksidan yang ditemukan di dalam buah manggis dapat membantu untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskuler lainnya. Ini kemampuan antioksidan yang efektif melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, atau “karat selular” yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.

8. Mengontrol tekanan darah

Manggis juga mengandung jumlah tinggi mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner karena komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan kontrol denyut jantung serta tekanan darah.

9. Anti-inflamasi

Manggis mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita panggul nyeri dan linu yang tidak dikontrol oleh obat. Makanlah manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu untuk meringankan sakit melalui efek anti-inflamasi dan inhibitor cox-2.

10. Mencegah Alzheimer

Salah satu manfaat utama kesehatan Manggis adalah efektivitas dalam mengobati penyakit Alzheimer. Penyakit ini disertai dengan gejala seperti kebingungan dan kesulitan mengingat sesuatu.

11. Mengobati jerawat

Manggis memiliki sifat alami antibakteri dan antimikroba, yang sangat efektif dalam mengobati masalah kulit yang umum. Jerawat, noda kulit, kulit berminyak dan kulit kering dapat diatasi oleh konsumsi Manggis.

12. Perbaikan sel

Senyawa xanthone hadir dalam kulit buah ini, dengan nilai tertinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh Anda dan melindungi mereka.

13. anti-penuaan

Penuaan datang karena oksidasi. Manggis dipenuhi dengan antioksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau). Ini membantu dalam memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkonsumsi Manggis agar tampak awet muda selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *