Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan yang Mendunia

Bawang merah terkenal sebagai bawang ungu, yang mengandung nutrisi sehat serta phytochemical yang memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan. Bawang ini jika dimasukkan dalam diet Anda secara rutin pasti bisa membantu Anda terhindar dari penyakit kronis. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan bawang merah untuk kesehatan yang mendunia.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

manfaat bawang merah untuk kesehatan yang mendunia
1. meningkatkan kekebalan

Fotokimia di dalam bawang merah dapat membantu fungsi vitamin C untuk meningkatkan kemampuan tubuh guna melawan infeksi. Hal ini penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh anda.

2. kontrol gula darah

Bawang merah memainkan peran yang sangat penting dalam regulasi gula darah, karena mereka mengandung komponen mineral yang dikenal sebagai kromium.

3. melawan peradangan dan rasa sakit

Bawang merah telah digunakan untuk mengobati radang dan infeksi. Tanpa sepengetahuan banyak orang juga, rempah dapur satu ini bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan nyeri, terutama yang disebabkan oleh serangga menyengat dan sensasi terbakar. Jika Anda disengat lebah, oleskan jus bawang merah pada daerah yang terkena dan Anda akan mengalami bantuan langsung dari sensasi terbakar. yang dialami tersebut.

4. kesehatan jantung

Irisan bawang merah mentah benar-benar baik bagi jantung Anda. Hal ini karena mereka mendorong produksi dari kolesterol baik (HDL) yang meminimalkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke. Sedangkan kolesterol jahat(LDL) di sisi lain menyebabkan masalah jantung karena kadar kolesterol dalam arteri yang memicu penyakit kardiovaskuler(CVD). Produksi kolesterol HDL yang tinggi akan menghambat pergerakan kolesterol LDL yang bisa merusak tubuh.

5. mencegah kanker

Bawang merah penting dalam perang melawan kanker. Hal ini dikarenakan mereka mengandung bahan kimia kuat dikenal sebagai quercetin. Quercetin milik sekelompok pigmen tanaman yang dikenal sebagai flavonoid. Hal ini bertanggung jawab untuk memberikan warna pada bawang merah. Quercetin berperan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker mulai dari payudara, usus besar, prostat, serta kanker ovarium. Telah terbukti melalui penelitian bahwa asupan quercitin mampu menurunkan risiko kanker paru-paru.

6. mencegah tukak lambung

Salah satu jenis bawang yang satu ini sangat efektif dalam memerangi radikal bebas yang bertanggung jawab untuk mencegah ulkus lambung. Bawang menggerogoti radikal bebas dan menghilangkan mereka dari saluran lambung, sehingga mengurangi risiko ulkus lambung.

7. mengobati anemia

Anemia juga ternyata dapat diatasi dengan makan bawang merah dan air. Karena, dapat menambah kandungan mineral tubuh, terutama besi, yang merupakan bagian penting untuk menghasilkan sel-sel darah merah yang baru. Oleh karena itu, anemia juga dikenal sebagai kekurangan zat besi, dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang jenis ini untuk bisa memenuhi kebutuhan mineral harian anda.

8. mengobati batuk

Mengkonsumsi campuran yang jus bawang dan madu dapat menghidupkan kembali sakit tenggorokan dan gejala batuk.

9. mencerahkan kulit

Jus bawang dicampur dengan madu atau minyak zaitun dinilai menjadi pengobatan terbaik untuk menghilangkan gejala atau tanda-tanda jerawat. Rempah multikhasiat ini juga terkenal sebagai anti-inflamasi, sehingga senyawa aktif dalam bawang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang sering dikaitkan dengan kondisi kulit seperti jerawat. Hal ini juga membantu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada kondisi seperti gout dan arthritis.

10. Meningkatkan kehidupan seksual

Bawang merah dikatakan bisa meningkatkan dorongan untuk kehidupan seks yang sehat. Satu sendok makan jus bawang bersama dengan satu sendok air jahe, diminum tiga kali sehari, dapat meningkatkan libido dan kehidupan seksual lainnya.

Walaupun kaya akan beragam nutrisi dan manfaat, anda harus tetap bisa mengatur asupan atau porsi bawang merah yang sebaiknya dikonsumsi. Karena, terlalu banyak konsumsi beberapa jenis bawang dipercaya bisa menyebabkan munculnya masalah bau badan dan bau mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *