Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sedang Hamil

Dalam upaya menjaga kehamilan agar tetap sehat dan kuat, baik untuk ibu hamil sendiri maupun janin dalam kandungan, ibu harus selalu memerhatikan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan dan juga makanan yang disarankan dikonsumsi selama kehamilan tersebut.

makanan yang tidak boleh dimakan saat sedang hamil

Untuk memperjelaskan, kali ini admin akan menerangkan beberapa makanan yang tidak boleh di makan saat sedang hamil dan sebaiknya dihindari, yaitu di antaranya :

Daging dan telur yang tidak matang

Daging dan telur yang setengah matang atau bisa dikatakan tidak matang dengan sempurna, sebaiknya hindari oleh para ibu hamil. Hal ini dikarenakan kedua jenis makanan ini memiliki banyak bakteri jika tidak dimasak sampai matang dengan pemanasan hingga 100 derajat Celcius agar bakteri jahat tersebut terbunuh. Selain itu, ibu hamil juga memang sangat rentan terkena infeksi akibat perubahan tubuhnya saat hamil.

Makanan laut yang mengandung merkuri

Makanan laut sebenarnya memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk kehamilan, seperti kandungan Omega-3 nya. Namun, beberapa makanan laut tersebut berisiko mengandung merkuri yang dapat membahayakan kehamilan. Menurut badan kesehatan FDA, makanan laut yang harus dihindari ibu hamil yaitu makanan laut yang sudah tua atau berukuran besar, seperti ikan hiu, ikan pesut, dan ikan tenggiri. Ikan tuna pun sebaiknya dihindari, karena beberapa jenis tuna memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Makanan yang belum dipasteurisasi

Pasteurisasi adalah proses pada makanan yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme dalam makanan yang sering mengontaminasi. Susu, keju, jus, dan madu menjadi jenis makanan yang sering belum mendapatkan pasteurisasi.

Buah dan sayuran yang tidak dicuci

Sebelum makan buah atau sayuran, sebaiknya memang dicuci terlebih dahulu. Hal ini bukan hany berlaku pada ibu hamil saja, namun juga orang-orang secara umum. Buah dan sayur dikenal memiliki banyak serat, vitamin, dan Mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Namun jika hindari konsumsinya jika belum dicuci dengan bersih, karena memiliki bakteri yang bisa menginfeksi ibu hamil.

Baca juga : Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Nanas

Bukan hanya sekedar mitos, buah nanas sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, terutama nanas muda. Hal ini dikarenakan nanas memiliki zat bromelain yang dapat membuat leher rahim menjadi lunak dan tidak bisa menampung janin semakin lama. Akibatnya, ibu akan mengalami keguguran. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan alkohol yang membuat perut panas dan rasa gatal di bagian perut.

Makanan yang berkafein

Kafein dikatakan bisa dikonsumsi asalkan pada batasannya, sekitar 200 mg per hari. Akan tetapi, untuk menjaga kondisi kehamilan ibu, hindari saja. Kafein yang dikonsumsi selama kehamilan di atas kadar yang ditentukan dapat menyebabkan terjadinya keguguran dan rentan membuat bayi lahir dengan berat badan rendah. Bukan hanya itu, kafein juga bisa berdampak buruk pada denyut jantung janin dalam kandungan.

Alkohol

Sudah sepantasnya jika ibu hamil menghindari alkohol. Alkohol bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti bentuk tidak normal pada wajah bayi (deformitas), kelainan jantung, gangguan perkembangan otak janin, serta retardasi mental.

Jamu-jamuan

Selama kehamilan, ibu harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan, termasuk jamu. Walaupun jamu-jamuan dikatakan dari bahan alami, namun ibu belum tahu dan paham apakah kandungan yang ada di dalam jamu tersebut bisa memicu kontraksi atau gangguan kehamilan ? jadi, sebaiknya ibu hindari saja. Jika pun memaksa, ibu hatus konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Merokok

Bukan hanya sekedar merokok yang harus dihindari, mencium asap rokok saja sangat rentan bagi kehamilan. Asap rokok ini busa menyebabkan kecacatan, kontraksi rahim dini, dan kelahiran prematur.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat sedang hamil ternyata banya juga. Saatnya ibu hamil lebih bijak dan cerdas yah dalam memilih makanan. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *