Makanan yang Pas Dikonsumsi Saat Sahur

Saat Ramadhan ini, tak akan ada hentinya jika kita harus selalu membahas berbagai persoalan tentang kesehatan selama berpuasa. Hal yang anda lakukan selama berpuasa ini tentunya tak luput dari apa yang anda konsumsi saat buka atau sahur.

Makanan yang tepat dikonsumsi saat sahur tentu akan mempengaruhi kondisi puasa kita pada hari tersebut. Apakah makanan tersebut akan menguatkan kita selama berpuasa ? atau justru berbalik membuat perut mudah lapar ? Untuk itu, ketahuilah beberapa makanan yang pas dikonsumsi saat sahur !

Makanan Sehat yang Pas untuk Sahur

 

makanan yang pas dikonsumsi saat sahur

Telur

Telur yang kaya akan kandungan Protein tinggi ini menjadi menu sahur paling direkomendasikan. Pasalnya, sahur dapat membuat orang akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, karena telur mempunyai nilai hormon nafsu makan ghrelin yang lebih rendah, sehingga membuat anda tidak mudah lapar.

Alpukat

Menurut salah satu pakar kesehatan, alpukat merupakan salah satu buah yang dapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan alpukat tinggi akan kandungan serat dan lemak tak jenuh yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Di samping itu, alpukat juga memiliki kandungan oleic acid, yaitu salah satu jenis lemat tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk menyalurkan perintah pada otak, bahwa perut sudah kenyang.

Pir

Buah pir juga disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Karena, ia memiliki kandungan karbohidrat kompleks bernama pektin. Pektin inilah yang berperan aktif untuk menghilangkan racun, melancarkan saluran cerna, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini yang menjadi alasan konsumsi pir saat sahur.

Ketahui juga : Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

Almond

Serat yang tinggi dalam almond, bisa membuat anda kenyang lebih lama. Almond juga lah yang memiliki kandungan serat lebih tinggi dibandingan kacang-kacangan lain.

Greek Yoghurt

Yoghurt ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan yoghurt jenis lain. Ada sekitar 15-20 gr protein per sajian Greek Yoghurt. Hubungannya dengan puasa adalah, protein yang ada di dalam yoghurt tersebutlah yang menjadi faktor perut bisa kenyang lebih lama.

Dari kelima jenis makanan tersebut, anda bisa memilih salah satu atau beberapa dari mereka. Buat sahur anda menyenangkan, sehat, dan bernilai untuk puasa yang akan dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *