Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering menghantui anda yang memiliki berat badan berlebih, terlalu banyak konsumsi garam, alkohol, merokok, kurang tidur, secara umumnya tidak menerapkan pola hidup sehat dengan benar. Untuk menghindari masalah tekanan darah tinggi, penting bagi anda untuk konsumsi obat, menghindari makanan yang menjadi pantangan, dan mengonsumsi beberapa makanan yang direkomendasikan atau makanan yang boleh dimakan penderita darah tinggi.

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

 

makanan yang boleh dimakan penderita darah tinggi

Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang memberikan manfaat sempurna untuk kesehatan pencernaan dan jantung, juga membantu melancarkan peredaran darah. Biasanya oatmeal dikonsumsi di pagi hari sebagai menu sarapan sehat.

Roti gandum

Tak jauh berbeda dengan oatmeal, roti gandum ini juga mampu memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh, khususnya bagi anda mengalami hipertensi.

Ikan salmon

Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon berperan aktif dalam menurunkan kolesterol yang menjadi pemicu tersumbatnya pembuluh darah yang bisa berlanjut pada tekanan darah tinggi dan gangguan jantung. Asupan omega-3 dan Mineral dalam ikan salmon sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang juga bisa membantu menurunkan kolesterol ldl tinggi ini, juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Akibatnya, tekanan darah bisa terkontrol dengan baik.

Cokelat

Walaupun banyak orang yang suka dengan cokelat, namun mereka takut jika konsumsi cokelat bisa membuat cepat gemuk. Untuk anda yang suka cokelat agar tak mudah gemuk, sebaiknya anda konsumsi cokelat hitam yang menyehatkan. Selain enak, ia juga dipercaya bisa membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Ingat, konsumsinya dalam batas yang ditentukan yah !

Baca juga : Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yoghurt

Olahan susu hasil fermentasi ini memiliki kandungan Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi yang ada di dalam yoghurt ini membuatnya aman dan boleh dikonsumsi penderita darah tinggi.

Pisang

Buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki kandungan Kalium atau Potasium yang cukup tinggi. Kalium inilah yang dapat membantu kinerja pembuluh darah, mengontrol tekanan darah, dan detak jantung.

Bawang putih

Bawang putih terbukti dapat mencegah proses pembekuan darah serta menahan efek yang bisa ditimbulkan oleh darah tinggi. Di samping itu, bawang putih juga bisa membantu mengurangi sumbatan pada pembuluh jantung.

Selain dengan konsumsi obat dan makanan sehat, anda juga harus mengatur pola tidur agar bisa istirahat dengan cukup, jauhi stres, dan jalankan olahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *