Makanan Super Asli Indonesia yang Berkhasiat Unggul

Ketika saat ini masyarakat lebih memilih buah dan sayuran impor yang dinilai memiliki tingkat kandungan gizi yang lebih tinggi dan lebih terkenal, para ahli dalam negeri justru merekomendasikan bahan lokal atau buah dan sayuran ASLI Indonesia yang harus diutamakan. Karena selain mudah didapatkan dengan harga yang murah, makanan super khas Indonesia ini juga tak kalah berkhasiatnya sebagaimana makanan super dari negara lain yang juga bisa dijual bebas di tanah air.

makanan super asli indonesia yang berkhasiat unggul

Berikut ini adalah beberapa makanan super asli Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan, di antaranya :

Sukun

Sukun dikenal sebagai sumber energi, karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Satu buah sukun yang berukuran besar, mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat untuk satu keluarga yang terdiri atas 5 orang. Selain itu, ia juga memiliki kadnungan Protein tinggi beserta serta, antioksidan, Vitamin, Kalsium, Potassium, dan Zat besi.

Ubi ungu

Masyarakat tanah air sudah tentu tak akan asing dengan ubi ungu, yang kini tengah gencar diolah ke dalam bentuk olahan makanan seperti donat, yang banyak disenangi oleh orang Amerika. Bukan hanya enak dimakan, ubi ungu juga mengandung Vitamin A, Vitamin B, BI, B6, Tembaga, Mangan, Serat, Potassium, Fosfor, dan Niacin.

Vitamin C dalam ubi ungu ini tidak mudah rusak akibat panas, karena terlindungi oleh pati. Sedangkan zat tepung dalam ubi ungu ini dapat merangsang tubuh agar bisa memproduksi Kolagen yang dapat mempertahankan kesehatan kulit.

Ciplukan

Ciplukan atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama Cecenet ini ternyata banyak disukai juga di luar negeri. Buah yang berwarna kuning dan berukuran kecil ini mengandung Vitamin C, Vitamim B12, Vitamin D untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu peneliti juga mengungkapkan bahwa ciplukan mampu mengurangi efek inflamasi dan mempunyai sifat anti-kanker.

Manggis

Buah manggis saat ini tengah menjadi komoditi ekspor yang diandalkan dari dalam negeri, mengingat akan khasiat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya bernama Xanthone. Xanthone ini adalah antioksidan tertinggi dalam manggis yang dapat menjaga kesehatan kardiovaskular, mengatasi penyakit degeneratif, memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, menghambat penuaan, serta menangkal kerusakan fisik dan mental.

Buah Salak

Salak ternyata tak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri yang dikenal dengan nama snakeskin fruit, karena kulit buahnya yang menyerupai sisik ular. Kepopuleran salak berkat rasanya yang begitu khas, asam, manis, dan sedikit sepet. Selain itu, ia juga memiliki kandungan Kalsium, Vitamin C, Tanin, Saponin, dan Flavonoid yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit anda.

Kelor

Daun kelor yang semula hanya dianggap sebagai penangkal makhluk halus ini, ternyata bisa pula menangkal berbagai penyakit. Ia memiliki kandungan Vitamin lengkap, Fitronutrien, dan Antioksidan yang membantu proses pembuangan racun dari tubuh.

Di India, daun kelor dimanfaatkan sebagai obat alami untuk 30 jenis penyakit. Sedangkan WHO merekomendasikan daun kelor sebagai solusi yang tepat untuk menangani gizi buruk di beberapa negara yang memiliki perekonomian rendah. Selain itu, Kolagen dalam dalam daun kelor memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan wortel sehingga dapat membantu menyehatkan kulit.

Ketan hitam

Ketan hitam yang bisa kita konsumsi bersama bubur kacang ijo, ternyata di China dianggap sebagai makanan yang baik untuk kesehatan lambung, ginjal, dan hati. Bahkan menurut Whole Grains Council, ketan atau beras hitam ini mengandung nutrisi yang hampir mendekati blueberry. Fungsinya yang utama yaitu untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung karena kandungan antosianin nya.

Nah, itulah beberapa makanan super asli Indonesia yang bisa anda dapatkan dengan mudah, sehingga anda tak selalu berusaha mendapatkan buah impor yang banyak dijual di supermarket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *