Makanan Laut yang Tak Bisa Dikonsumsi Sembarangan

Semua orang tahu bahwa ikan memiliki kandungan Omega 3 yang cukup tinggi, dan dikenal sebagai zat penting dalam mendukung daya ingat dan kecerdasan otak anak. Dengan menilik dari manfaat ikan untuk kesehatan, lantas anda mengenyampingkan beberapa aturan yang harus dipahami dengan benar dalam konsumsi ikan dan makanan yang hidup di air atau di lautan. Karena, fakta menunjukan bahwa ada beberapa jenis Makanan Laut yang Tak Bisa Dikonsumsi Sembarangan, bahkan mungkin sebaiknya anda hindari. Berikut informasi lebih lengkapnya.

Makanan Laut yang Tak Bisa Dikonsumsi Sembarangan

makanan laut yang tak bisa dikonsumsi sembarangan
Ikan hiu, Tenggiri, Ikan Pedang dan Tilefish

Keempat jenis ikan harus dihindari oleh anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. Hal dikarenakan merkuri yang ada di dalam keempat ikan tersebut memiliki jumlah yang sangat tinggi. Merkuri yang masuk ke dalam tubuh manusia, terlebih dengan jumlah yang besar, akan membahayakan sistem saraf anak-anak dan janin dalam kandungan.

Awalnya, merkuri tersebut berasal dari poludi industri yang kamudian masuk ke dalam aliran sungai dan lautan yang nantinya bisa berubah menjadi methylmercury dan diserap oleh ikan yang tinggal di sana. Ukuran tubuh yang lebih besar daripada kebanyakan ikan lainnya, membuat keempat ikan tadi kemungkinan besar pula memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Makanan laut mentah

Anak-anak, ibu hamil, orang tua, serta mereka dengan sistem daya tahan tubuh yang rendah, atau anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi makanan laut yang masih mentah atau tidak dimasak dengan benar. Hal ini bisa membuat anda atau mereka mudah terinfeki parasit yang membayakan. Untuk menghindarinya, tentu saja anda harus memasak makanan laut dengan tingkat kematangan yang tepat tanpa mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Makanan laut yang diasap

Sama halnya dengan makanan laut mentah, anak-anak, ibu hamil, orang tua, dan orang yang memiliki daya tahan rendah, juga harus menghindari makanan laut yang diasap. Hal ini dikarenakan konsumsi makanan jenis ini bisa menyebabkan anda atau mereka terkena penyakit Listeriosis, akibat infeksi dari bakteri L. monocytogenes. infeksi ini bukan infeksi yang ringan, karena bisa mengakibatkan keguguran atau kematian pada bayi yang baru lahir.

Dengan informasi mengenai Makanan Laut yang Tak Bisa Dikonsumsi Sembarangan ini, dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya pengetahuan medis guna melengkapi kehidupan agar lebih sehat dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *