Makanan Ini Jangan Dimakan Setelah Dipanaskan Kembali

Ketika anda memasak makanan terlalu banyak, namun sayang jika harus dibuang, sehingga anda memutuskan untuk memanaskan makanan tersebut di esok hari agar makanan tersebut masih bisa dinikmati. Akan tetapi, tahukah anda jika di antara makanan tersebut, ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa dikonsumsi setelah dipanaskan kembali. Berikut ini beberapa makanan yang tak bisa dikonsumsi setelah dipanaskan kembali.

Makanan Ini Jangan Dimakan Setelah Dipanaskan Kembali

 

Makanan Ini Jangan Dimakan Setelah Dipanaskan Kembali

Seledri, Bayam, dan Bit

Panas bisa memicu nitrat dalam ketiga sayuran tersebut berubah menjadi zat racun yang memiliki kandungan karsinogenik. Sehingga, sebaiknya mereka jangan dikonsumsi setelah dipanaskan saat kedua kalinya.

Telur

Telur juga memiliki masalah yang sama jika dipanaskan kembali. Ia bisa menjadi racun dan menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi setelah dipanaskan untuk kedua kalinya.

Jamur

Tak sedikit dari anda sudah tahu jika jamur biasanya akan dimasak untuk dimakan hanya sekaligus, mengingat Protein dalam jamur bisa membusuk dengan cepat. Sehingga, jika anda menyisakan masakan dari jamur untuk keesokan harinya yang kemudian dipanaskan, gangguan perut akan menanti.

Kentang

Kentang yang dibiarkan dingin pada suhu ruangan, lalu tak dimasukkan kembali ke dalam kulkas, dapat menyebabkan pertumbuhan botulisme. Jika kondisi kentang sudah demikian, kemudian kita mengonsumsinya kembali setelah dipanaskan, maka masalah kesehatan tersebut akan mengintai.

Ayam

Tak sedikit di antara anda yang memanaskan ayam untuk kedua kalinya, dengan alasan sayang jika harus dibuang. Akan tetapi, kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang mengganggu karena Protein dalam ayam bisa berubah menjadi racun jika dipanaskan berulang kali. Jika anda memaksa tetap ingin melakukannya, pastikan bagian dalam ayam itu panas juga.

Nasi

Nasi juga menjadi makanan yang paling sering dipanaskan kembali. Bukan masalah memanaskannya yang jadi persolan, namun masalah cara penyimpanan nasi tersebut sebelum dipanaskan. Semakin lama anda simpan nasi pada suhu ruangan, akan semakin berbahaya pula dampaknya bagi tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak anda paanskan berulang lagi, apalagi jika cara penyimpanan anda yang kurang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *