Makanan dan Minuman yang Harus Diperhatikan Saat Puasa

makanan dan minuman yang harus diperhatikan saat puasa

Harga Produk Herbal Alami | Ketika berpuasa, tak banyak dari anda yang hanya bermalas-malasan, dengan alasan yang bermacam-macam. Puasa memicu lemas, lelah, haus, lapar, dan segala alasan lainnya agar selama berpuasa anda bisa tidur seenaknya tanpa melakukan aktivitas apapun. Namun, para pakar kesehatan mengatakan, jika anda konsumsi makanan dan minuman secara benar saat buka atau sahur, rasa malas akan terhindarkan.

Agar anda bisa menjalani ibadah puasa dengan afdhal tanpa kehilangan gizi serta terhindar dari rasa malas, anda harus memerhatikan beberapa jenis asupan makanan dan minuman berikut ini :

Perbanyak asupan makanan berserat

Ketika buka atau sahur, jangan sampai melewatkan makanan berserat. Selain dapat membantu proses pencernaan, makanan berserat juga dapat menyehatkan saluran cerna anda dan terhindar segala macam gangguan. Makanan yang berserat yang baik untuk dikonsumsi adalah, padi-padian, beras merah, gandum, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Konsumsi kurma

Buka puasa identik degan kurma, karena ada beberapa manfaat kurma untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsi saat buka puasa. Salah satu manfaat yang paling dikenal adalah, nutrisi dalam tubuh yang hilang setelah puasa seharian dapat terpenuhi kembali dengan konsumsi kurma.

Konsumsi pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi saat buka atau sahur, karena ia memiliki kandungan karbohidrat, Kalium, dan Magnesium.

Baca juga : Minuman Sehat Penghilang Mual dan Muntah Saat Hamil

Batasi makanan yang digoreng

Bukan hanya saat puasa saja, pada hari-hari biasa pun, anda harus memerhatikan konsumsi gorengan. Hindari konsumsi gorengan, untuk menghindari penimbunan lemak berlebih pada tubuh yang bisa memicu beberapa gangguan kesehatan seperti hipertensi, jantung, sampai pada stroke.

Konsumsi air atau jus buah

Untuk tetap memenuhi cairan tubuh saat puasa, sebaiknya perhatikan konsumsi air yang seimbang ketika buka, sebelum tidur, dan sahur. Anda juga bisa menambahkan konsumsi jus buah untuk membuat tubuh lebih bugar dan segar.

Membatasi teh dan kopi

Saat sahur, sebaiknya anda hindari minum kopi dan teh. Karena, kedua jenis minuman tersebut bisa membuat metabolisme tubuh berjalan lebih sehat. Sehingga bisa memicu datangnya rasa haus, walaupun tak akan membuat anda sampai dehidrasi.

Jangan terlalu banyak minum es

Walaupun jus buah sangat diajurkan, namun penggunaan es nya perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan minum es dapat membuat perut mudah kenyang, sehingga asupan makanan lain yang lebih penting tak bisa ditampung oleh pencernaan.

Jadi, walaupun seharian penuh anda berpuasa, anda harus tetap memerhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka dan sahur. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga tubuh terhindar dari rasa lelah dan malas di keesokan harinya saat puasa. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *