Khasiat Paprika untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Produk Herbal | Anak-anak memang cenderung tak menyukai sayuran, termasuk paprika, terlebih paprika ini memberikan rasa yang sedikit pedas, sehingga anak-anak kurang memberikan respon positif ketika makan paprika.

Namun jika dilihar dari gizi dan nutrisinya, paprika menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki antioksidan tinggi dan mampu memberikan peranan aktif dalam menumpas berbagai gangguan kesehatan seperti yang ada di poin-poin berikut ini.

Khasiat Paprika untuk Kesehatan Secara Utuh

 

manfaat paprika untuk kesehatan
Menjaga daya tahan tubuh

Paprika mengandung vitamin C yang dapat berperan aktif dalam membangun dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Menyehatkan mata

Paprika memiliki kandungan Vitamin A dan lutein yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mata dan mampu menurunkan risiko katarak.

Mengontrol kadar kolesterol

Zat capsaicin yang ada di dalam paprika memiliki manfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat).

Baca juga : Khasiat Bayam Selain untuk Mengatasi Anemia

Menjaga kesehatan jantung

Paprika juga memiliki kandungan likopen yang dapat menjaga kesehatan jantung, serta kandungan Vitamin B6 dan asam folat uang dapat menurunkan kadar homosistein dalam tubuh untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga aktivitas sistem saraf

Kandungan vitamin B6 dalam paprika juga dapat memberikan pengaruh baik pada aktivitas sietm saraf serta proses regenerasi sel dalam tubuh.

Mencegah penyakit kanker

Paprika terbukti memiliki kandungan phytochemical dan betakaroten sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, paprika juga memiliki karotenoid likopen yang berperan aktif dalam mencegah kanker prostat. Bukan hanya kanker prostat, jenis kanker lain pun bisa terhindar dengan konsumsi paprika sesuai dengan kebutuhan secara teratur.

Menyehatkan kulit

Selain mengandung Vitamin A, B, dan C, Paprika juga mengandung vitamin E dan K yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan kulit.

Agar paprika jadi lebih disukai, ada beberapa orang yang menyarankan agar paprika diolah ke dalam masakan yang bisa membuatnya lebih enak dikonsumsi, namun tetap tidak mengurangi kandungan yang ada di dalam paprika tersebut. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *