Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Buah nangka merupakan buah yang bisa dengan mudah ditemukan, bahkan pohonnya saja bisa tumbuh dengan bebas di pekarangan rumah walaupun kita sendiri tak pernah sengaja menanamnya. Walaupun mungkin banyak orang yang tak menyukai nangka, tapi aroma dari nangka ini membuat anda ingin segera mencicipnya, baik secara langsung maupun dalam olahan tertentu seperti dalam es krim atau keripik. Selain itu, para ahli gizi juga menunjukan bahwa nangka mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Dan berikut ini admin informasikan mengenai khasiat dan manfaat buah nangka untuk kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Buang Nangka

 

khasiat dan manfaat buah nangka untuk kesehatan

meningkatkan pencernaan

Nangka merupakan sumber yang kaya serat diet yang membuatnya menjadi pencahar alami. Ini membantu untuk meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

mencegah kanker usus besar

Nangka tinggi kandungan zat yang dapat membersihkan racun dari usus besar. Oleh karena itu, mengurangi efek toksin dalam usus besar dan memberikan perlindungan dari kanker usus besar. Antioksidan dalam nangka melindungi dari kanker, penyakit degeneratif dan penuaan.

meningkatkan penglihatan

Kandungan antioksidan dalam nangka juga dapat menyehatkan mata dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula serta katarak. Nangka juga mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

Untuk kesehatan kulit dan penuaan

Banyak faktor seperti peningkatan usia, menopause, dan gizi rendah yang menyebabkan tubuh untuk usia. Polusi, radiasi UV dan asap juga mempromosikan proses penuaan dini. Antioksidan dalam nangka hadir untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang memperlambat proses penuaan.

Mengatasi Asma

Nangka memberikan bantuan kepada orang-orang yang menderita asma. Asma adalah gangguan pernapasan yang mempengaruhi sejumlah orang.

Mendukung Kesehatan tulang

Nangka mengandung kalsium, yang dapat memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Ini juga dapat mencegah osteoporosis. Nangka juga mengandung tingkat kalium, yang dapat mengurangi kehilangan kalsium melalui ginjal dan meningkatkan kepadatan tulang.

Mencegah Anemia

Nangka datang dengan kandungan Vitamin A, C, E, K, niasin, Vitamin B6, folat, Asam Pantotenat, tembaga, mangan dan Magnesium yang diperlukan untuk pembentukan darah. Hal ini juga meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi, dengan demikian mencegah dan menyembuhkan anemia.

Mengatasi Infeksi

Suplemen vitamin C dikenal untuk mencegah pilek dan infeksi. Satu cangkir nangka dapat memberikan baik untuk tubuh yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

mengatur kadar gula darah

Tingkat gula darah tinggi dapat disebabkan karena kekurangan mangan dalam tubuh. Nangka memiliki sejumlah gizi ini, sehingga bisa membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

membuat tiroid sehat

Tembaga penting bagi metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan. Nangka diisi dengan mineral mikro iniĀ  yang ampuh menjaga tingkat metabolisme tubuh.

menjaga tekanan darah

Nangka memiliki kalium yang mempertahankan tingkat natrium dalam tubuh. Tingkat potasium membantu untuk mempertahankan tingkat cairan dalam keseimbangan elektrolit. Oleh karena itu, sangat berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

menurunkan risiko penyakit jantung

Nangka memiliki kandungan Vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi tingkat homocystein dalam darah Anda dan menjaga jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

mencegah beragam jenis kanker

Nangka memiliki antioksidan, fitonutrien dan flavonoid yang memberikan perlindungan dari kanker. Antioksidan dalam nangka melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang dihasilkan karena stres oksidatif dalam tubuh. Ini kerusakan sel DNA dan menghasilkan sel kanker. Nangka juga memberikan perlindungan terhadap usus, paru-paru dan kanker rongga mulut.

Yang perlu anda ketahui adalah, konsumsilah nangka secara bijak pada porsi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk anda yang memiliki masalah pada lambung, baik maag atau asam lambung tinggi, sebaiknya hindari konsumsi nangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *