Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengkudu merupakan salah satu buah yang dikenal dengan baunya yang banyak dihindari, mungkin karena sedikit aneh. Tapi, siapa sangka jika kandungan atau zat yang dimilikinya justru membuatnya memberikan banyak manfaat yang tak pernah terduga. Bukan hanya dalam hal menjaga daya tahan tubuh, mencegah penyakit, melainkan juga membantu proses penyembuhan penyakit. Berikut ini adalah khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui, di antaranya :

khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan

Sifat analgesik

Buah mengkudu mendapat julukan sebagai “pohon penghilang rasa sakit”. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkudu bisa mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan obat-obatan tramadol dan hidrokortison, sehingga efektif untuk arthritis dan nyeri sendi lainnya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengkudu mengaktifkan makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang kemudian menghasilkan lebih banyak limfosit. Ini juga berisi antibakteri yang melawan infeksi bakteri, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Mengatasi gangguan usus

Mengkudu tinggi serat larut yang membantu meredakan ketegangan pada usus Anda dan melunakkan sisa makanan di dalamnya. Juga memiliki vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan usus Anda.

Menurunkan kolesterol

Mengkudu dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL, dengan demikian mengurangi plak di arteri, menjaga Anda sehat dan hidup lebih lama.

Hipertensi

Mengkudu tinggi fitonutrien, selenium, dan vitamin C, yang melawan kerusakan radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah itu bersifat basa, yang membuat cairan tubuh jadi tak terlalu asam. Ini juga memiliki proxeronine, yang diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi xeronine. Xeronine membantu mengkoordinasikan sel bekerja harmonis, menurunkan stres dan tekanan darah. Juga memiliki triptofan. Ketika memasuki aliran darah dan pergi ke sel tubuh, ia akan membantu menghasilkan zat-zat lainyang penting, seperti seratonin bahkan lebih, yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah dengan efek menenangkan.

Anti-tumor/anti-kanker

Mengkudu mampu merangsang produksi nitrat oksida. Nitrat oksida adalah zat yang sangat berguna, termasuk yang ada di dalam mengkudu ini. Dalam kasus ini, kandungan tersebut mampu mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel-sel kanker. Ini juga berisi imunomodulator polisakarida, zat yang dikenal sebagai noni-ppt yang lebih lanjut menggempur sel kanker. Satu hal yang penting adalah jumlah phytochemical dalam mengkudu yang ampuh melawan kanker.

Antidepresan/obat penenang

Mengkudu dapat merangsang seratonin dan melatonin, keduanya sangat penting. Seratonin mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur (ketidakseimbangan dalam tingkat serotonin dapat memicu depresi). Sedangkan Melatonin dapat mengatur irama sirkadian, yang akan membantu Anda tidur, sehingga Anda mendapatkan istirahat malam yang baik, juga meningkatkan suasana hati Anda.

Perawatan kulit/rambut

Mengkudu memiliki manfaat untuk kondisi kulit dan kulit kepala, seperti eksim dan sakit gigi. Anda bisa menggosoknya pada kulit kepala untuk membuat rambut berkilau. Biarkan selama 15 menit, bilas. Konsumsi jus mengkudu dapat membantu kuku Anda untuk tumbuh lebih kuat yang menjadi perawatan kuku alami dan menutrisi kulit maupun rambut dari dalam.

Jadi, jangan dulu takut dengan aromanya yang tidak sedap seperti halnya pada petai, mengkudu juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan buah lainnya, bahkan mungkin cenderung lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *