Khasiat Bayam Selain untuk Mengatasi Anemia

Ketika kita mengeluhkan anemia, bayam selalu menjadi menu makanan yang banyak direkomendasikan oleh karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Dan setelah diteliti lebih lanjut, ternyata bayam bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mereka yang mengalami kurang darah atau anemia saja, melainkan juga efektif dalam memberikan fungsi lain pada tubuh, seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Bayam Selain untuk Anemia

khasiat bayam selain untuk anemiaMenyehatkan mata

Selain zat besi, bayam juga dinilai memiliki kandungan vitamin A yag sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Menyehatkan tulang

Vitamin K yang ditemukan pula pada bayam dapat memberikan nilai positif pada kesehatan tulang, sehingga sangat direkomendasikan pada lansia sering mengalami masalah pada tulang dan anak-anak yang tengah sedang dalam proses pertumbuhan.

Baca juga : 7 Khasiat Blueberry untuk Kesehatan yang Utama

Melancarkan pencernaan

Bayam juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat berdampak positif pada kesehatan dan kelancaran pencernaan.

Meningkatkan efisiensi otot

Seperti yang dilakukan tokoh kartun Popeye, ketika ia telah makan bayam, ia akan menjadi kuat dan tak terkalahkan. Dan ternyata hal tersebut memang benar adanya karena telah dibutkikan pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Karolinska Institute di Swedia. Dengan konsumsi bayam 300 gr per hari, dapat mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan daya otot sat latihan, sekitar 5%.

Pencegah penuaan dini

Penuaan dini menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan, namun dengan adanya vitamin A yang menjadi antioksidan penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini, masalah tersebut sedikitnya bisa diatasi dengan konsumsi bayam secara rutin.

Mencegah kanker

Kandungan flavonoid dalam bayam dapat meredam infeksi tubuh yang menyebabkan timbulnya berbagai jenis kanker, terutama kanker kulit.

Khasiat bayam ternyata tak selebar daunnya, masih banyak khasiat lain yang bisa kita cari dan temukan selanjutnya dari sayuran hijau ini. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *