Kenali Tanda dan Gejala Alergi Kondom Bagi Pasutri

Anda dan pasangan merencakan untuk menunda dapatkan momongan karena mungkin masih terlalu muda, atau sang istri baru beberapa bulan melahirkan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari kehamilan selain pil KB, adalah pemakaian kondom pada sang suami.

kenali tanda dan gejala alergi kondom

Pemakaian kondom mungkin sudah umum terdengar, akan tetapi anda harus hari-hati, karena ada sebagian orang yang merasakan alergi kondom, yang mengganggu seksualitas pria maupuan wanita bahkan sampai menimbulkan gangguan kesehatan secara umum. Ketik gejalanya mulai dirasakan sebaiknya anda langsung hindari pemakaiannya. Berikut ini beberapa tanda dan gejala alergi kondom yang perlu diketahui, di antaranya :

Gatal serta iritasi penis

Gatal atau iritasi penis pada pria, bisa diakibatkan oleh reaksi spermisida yang terkandung di dalam kondom tersebut. Ketiks kondisi ini terjadi pada anda, sebaiknya hindari pemakaiannya atau mungkin anda bisa mengganti merek kondom ke yang lain. Jika kondisi tersebut masih saja berlanjut, hentikan pemakaian kondom secara total untuk menghindari dampak yang lebih buruk nantinya.

Kemaluan wanita yang melepuh

Bukan hanya terjadi pada pria, kondisi lain yang bisa diakibatkan alergi kondom juga terjadi pada wanita berupa miss v yang melepuh. Hal ini dikarenakan lateks atau spermisida dalam kondom tersebut. Bukan melepuh, miss v juga bisa mengalami iritasi dan pembengkakan yang cukup serius.

Ruam pada kulit

Bukan hanya area vital saja yang dapat mengalammi reaksi alergi, kulit di beberapa permukaan tubuh pun akan mengalami ruam dan gatal ketika alergi kondom menyerang.
Mata berair

Alergi kondom juga ternyata bisa sampai menimbulkan gejala berupa mata berair. Karena, alergi lateks tersebut bisa sampai ke saraf optik mata melalui darah anda.

Mual

Mual yang biasanya menjadi pertanda permasalah pencernaan, juga bisa menjadi pertanda adanya alergi kondom akibat dari kandungan spermisida atau lateks dalam kondom yang dipakai tersebut.

Memicu tekanan darah rendah

Dalam kasus yang lebih parah, alergi kondom bisa memicu tekanan darah rendah dan berakibat lebih fatal pada kesehatan tubuh.

Dada terasa sesak

Dalam kasus yang parah lainnya, alergi kondom ini bisa membuat anda merasakan sesak di dada serta kesulitan bernapas. Jika kondisi ini sudah terjadi, anda membutuhkan pertolongan medis dengan segera agar kondisi tersebut tak berlanjut lebih serius lagi.

Jadi, mulai dari sekarang anda harus lebih memerhatikan pemilihan dan pemakaian kondom agar tak terjadi alergi kondom seperti yang disebutkan di atas. Alangkah lebih baik jika menunda kehamilan dengan cara lain yang lebih aman, seperti cara alami perhitungan masa subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *